AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon menggelar bimbinga teknis tentang strategi pengembangan perpustakaan dan Tekonologi Informasi Komunikasi. Kegiatan yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Ambon, Rabu (2/8), dibuka oleh Penjabata Walikota Bodewin Wattimena.

Walikota pada kesempatan itu menjelaskan, saat ini, masyarakat diperhadapkan dengan era modernisasi dan digitalisasi, dimana perubahan diberbagai bidang terus terjadi begitu cepat.

Oleh sebab itu, saat ini, tidak lagi bicara soal siapa yang kuat dan siapa yang lemah, tetapi soal siapa yang menguasai teknologi dia menguasai informasi, bahkan mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi sehingga bisa menyesuaikan.

“Kondisi hari ini, harus mampuh disesuikan. Siapa kuasai informasi dan teknologi dia bisa menguasai bidang ekonomi, sosial, kesehatan, industri dan lain sebagainya, termasuk bidang perpustakaan. Kalau dulu orang datang hanya baca dan pinjam, bagaimana sekarang orang itu bisa jadikan perpustakaan tempat untuk belajar mengikuti berbagai perubahan yang ada dimasyarakat. Apalagi dengan transformasi perpustakaan digital saat ini,” ujar walikota.

Untuk itu, walikota berharap, bimtek ini dapat diikuti dengan baik agar bisa diimplementasikan pada perpustakaan di setiap desa/negeri demi mencerdaskan warga kota, sehingga ini juga menjadi motivasi bagi warga kota untuk menguasai teknologi.

Baca Juga: BPJN Genjot Pemasangan Jembatan Bailey Kawa Noa

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon Petrus P Pattiasina menambahkan, dengan digelarnya bimtek ini, maka kedepan orang tidak hanya datang di perpustakaan untuk pinjam buku atau  baca, kemudian pulang dan selesai, tetapi bagaimana apa yang dibaca itu dapat muncul ide kreatif dan inovasi untuk bagaimana mengembangkan diri.

“Jadi membaca yang bermanfaat, itu tujuan kita,” jelas Petrus.(S-25)