MASOHI, Siwalimanews – Kapolres Maluku Tengah AKBP Abdul Ghafur mengaku, pers adalah salah satu mitra terbaik bagi jajaran kepolisian, untuk itu sinergitas pers dan Polri, diharapkan dapat terus bersinergi serta diperlihara.

“Insan pers adalah salah satu mitra kerja kami, karenanya kita harus terus membangun sinergitas dalam mendukung tugas dan peran dalam membangun daerah dan bangsa ini,” ucap Kapolres saat coffee morning bersama insan pers Malteng, Rabu (16/2).

Silaturahmi pimpinan Polres Malteng bersama insan pers yang berlangsung di aula pertemuan Polres Malteng itu, diarahkan sebagai bentuk dari upaya menjaga silaturahmi antar mitra kerja agar saling memberi dukungan dalam peran dan fungsinya masing masing.

Pasalnya, pers dalam menjalankan tugas dan fungsinya memiliki andil yang sangat besar. Olehnya diharapkan pers Malteng dapat menciptakan suasana damai melalui pemberitaan yang objektif damai dan edukatif.

“Era digitalisasi saat ini menimbulkan banyak sekali problema. Banyak berita hoax yang beredar di masyarakat, melalui keterbukaan informasi saat ini. Disini pers harus berperan aktif memberikan edukasi serta membantu aparat kepolisian dan masyarakat dalam menangkal isu serta informasi hoax,” ucap Kapolres.

Baca Juga: Satu WBP Lapas Ambon Terima Pembebasan Bersyarat

Salah satu peran pers yang penting juga yakni, soal membantu pemerintah dalam upaya menangani pandemi Covid-19 guna membentuk herd immunity, sebab masih terdapat penyimpangan informasi atau informasi hoax soal vaksin.

“Informasi hoax soal vaksin tidak halal, vaksin tidak aman dan lain sebagainya harus ditangani dengan baik. Disini pers harus memberikan edukasi melalui informasi yang benar tentang vaksin aman dan halal, agar masyarakat tidak cepat percaya dengan informasi yang tidak tertanggung jawab itu,” pinta Kapolres.

Menyingung soal potensi konflik komunal yang terus terjadi saat ini, dimana sebagian besar konflik itu berada di wilayah Malteng dan beberapa diantaranya berada di wilayah hukum Polres Malteng, Kapolres meminta insan pers dapat menjadi penengah dan memberikan informasi yang sejuk, tidak sebaliknya memicu keadaan dengan pemberitaan di media massa.

Kapolres berharap, peran pers dalam mendukung tugas kepolisian dapat terus dijaga, agar keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terus terpelihara sehingga aktivitas masyarakat di wilayah Malteng dapat dipastikan berjalan dengan aman dan lancar.

“Kesempatan ini juga saya himbau semua elemen masyarakat untuk dapat menghindari konflik. Mari kita sama-sama bergandeng tangan membangun daerah kita serta membangun masa depan anak cucu kita,” ujar Kapolres. (S-36)