AMBON, Siwalimanews – Pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 khususnya pada puskesmas-puskesmas di Kota Ambon harus menjadi perhatian serius, mulai dari alat kelengkapan untuk para perawat seperti, masker, alat penutup muka dan sebagainya.

Anggota DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw menilai, fasilitas kesehatan pada sejumlah puskesmas masih minim, dan butuh perhatian Pemkot Ambon.

Laturiuw mencontohkan, di Puskesmas Passo, jumlah perawat maupun karyawan banyak hanya saja kelengkapan kesehatan seperti alat penutup muka, dan maskes masih minim.

“Puskesmas di Passo, personel mereka cukup banyak sekitar 30-an, tetapi dibagi dengan shift menjadi 15 orang, ketika yang 15 melakukan tugas, kelengkapan mereka ada yang gunakan atau yang tidak gunakan seperti untuk  pelindung mukanya  dan juga masker,” tuturnya.

Menurutnya, kesiapakan alat kelengkapan di puskesmas juga penting, dan ini harus diperhatikan.

Baca Juga: Pemprov Pastikan Distribusi Barang ke Buru Aman

Dijelaskan, konsep penanganan yang pernah disampaikan oleh pemerintah Kota Ambon dari sisi kelengakapan persiapan para aparatur penyelenggara terutama pada tingakatan puskesmas, sebetulnya harus mendapat perhatian ekstra.

Karena fakta membuktikan, saat ini tidak semua puskesmas memiliki alat-alat kelengakapan padahal  kelengkapan yang ada puskesmas nantinya akan menunjang  ditengah pandemi covid. “Puskesmas harus memiliki fasilitas yang memadai ditengah wabah seperti ini,”jelasnya.

Selain itu, katanya, masker N-95 jumlah yang diberikan tidak representatif dengan jumlah tenaga yang berada di lapangan.

“Penyediaan fasilitas harus diberikan sesuai dengan jumlah tenaga yang ada pada puskemas,  sehingga dengan begitu tenaga medis juga dapat melakukan tugas dan tanggung jawab mereka secara baik pada puskesmas,” katanya.

Menurutnya, kesiapan pelayanan tentu saja puskesmas tetap berdiri untuuk aktivitas pelayanaan bagi masyarakaat, tetapai apakah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk dilakukan pelayanan sudah sesuai.

“Jangan sampai dikonfirmasi kita hanya mengatakan siap, tetapi untuk pembuktian dilapangan tidak betul,”paparnya.

Ia berharap, Pemkot Ambon juga memperhatikan pelayanan di puskesmas, salah satunya melalui penyediaan kelengkapan, sehingga pelayanan juga bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

“Teman- teman yang bekerja di Puskesmas memiliki kesungguhan untuk melayani dengan luar biasa, tetapi dengan menghargai kesungguhan mereka juga dengan perlengkapan medis. Dan menjadi tugas Pemerintah Kota Ambon bagaimana cara untuk menyiapkan perlengkapan untuk puskesmas,” tuturnya sembari meminta, Pemkot melakukan inventarisir jumlah puskesmas yang belum memiliki kelengkapan medis, dan segera dilengkapi dalam rangka menunjang tugas-tuas pelayanan kesehatan. (Mg-5)