AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Rovik Akbar Afifuddin, minta kepada Pemerintah Kota Ambon, untuk melakukan kajian secara matang dan komprehensif, terhadap usulan pembukaan jalan alternatif.

Salah satu kebutuhan warga Kota Ambon yang sangat mendesak hari ini kata Afifuddin, berkaitan dengan ketersediaan jalan baru guna mengatasi permasalahan kemacetan pada beberapa ruas jalan di Kota Ambon.

Langkah penjabat Walikota yang akan mempertimbangkan usulan Kapolda Maluku Irjen Lotaria Latif, merupakan kebijakan yang sifatnya out of the box, artinya pemkot saat ini sudah memikirkan nasib pembangunan kota dimasa yang akan datang.

“Kami nilai ini usulan yang out of the box, karena memang sudah saatnya pemkot pertimbangkan akses jalan yang dapat mengurangi kemacetan,” ujar Afifuddin kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (30/6).

Permasalahan mengatasi kemacetan di kota ini menurutnya, harus didukung dengan sikap berani dari pemerintah untuk membuat kebijakan, yang oleh masyarakat bisa saja dipandang sebagai suatu yang tidak mungkin, tetapi kebijakan itu merupakan kebutuhan yang tepat.

Baca Juga: Pemprov Didesak Tuntaskan Ijin Tambang Gunung Botak

Terkait dengan adanya alternatif pembangunan jalan baru disepanjang bibir pantai, Afifudin memandang hal ini merupakan kebijakan yang baik, tetapi perlu ada pengkajian yang matang, baik dari aspek geologi hingga perubahan cuaca, sebab akan berpengaruh terhadap infrastruktur yang dibangun.

Selain itu, pembukaan ruas jalan baru harus mendapatkan dukungan dari Kementerian PUPR dalam kaitan dengan intervensi anggaran, mengingat APBD Provinsi Maluku maupun Kota Ambon tidak mencukupi jika kebijakan ini direalisasikan.

“Yang pasti kita mendukung semua kebijakan Penjabat Walikota Ambon dalam rangka mengatasi permasalahan kemacetan, tetapi perlu dilakukan kajian secara matang agar tepat sasaran,” cetusnya. (S-20)