JAKARTA, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon meraih penghargaan khusus Kawasan Indonesia Timur pada malam Anugrah Layanan Investasi 2023 yang berlangsung di Ballroom Shangrila Hotel Jakarta, Rabu (8/11).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena. Untuk diketahui penghargaan itu didapatkan Pemkot Ambon atas penilaian kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan kinerja  percepatan pelaksanaan pemerintah daerah.

Anugerah Layanan Incestasi merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemda dan kementerian/lembaga yang memperoleh hasil penilaian terbaik atas kinerja layanan terkait investasi yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Penghargaan ini diberikan pada 12 instansi pemerintah kategori kementerian/lembaga, pemda, dan penghargaan khusus kawasan timur Indonesia.

“Saya berikan apresiasi atas komitmen dan kontribusi para penerima Anugerah Layanan Investasi 2023 dalam mendorong perbaikan layanan investasi di Indonesia,” ucap Wapres dalam sambutannya.

Baca Juga: Besok Hanubun Penuhi Panggilan Polisi

Orang nomor 2 di Indonesia itu berharap agar, penghargaan yang diberikan, dapat memperkuat komitmen pemerintah provinsi, kota dan kabupaten untuk mendorong peningkatan pelayanan investasi serta kemudahan berusaha bagi masyarakat usaha. Tujuannya untuk meningkatkan aliran investasi di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ambon, Piet Saimima kepada Siwalimanews melalui telepon seluler mengungkapkan, penghargaan yang diberikan kepada Kota Ambon berdasarkan proses penilaian yang komperhensif yang dilakukan sejak bulan Mei dan Agustus 2023.

“Untuk wilayah timur Indonesia ada 3 daerah yang mendapat penghargaan tersebut, yakni Kota Ambon, Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten Merauke. Pemerintah Provinsi Maluku juga meraih penghargaan pemberi layanan investasi terbaik tahun 2023 kategori pemerintah provinsi terbaik,” ungkapnya.

Sementara terkait pencapaian tersebut kata Saimima, sudah barang tentu memberikan angin segar bagi pihaknya dalam upaya untuk terus meningkatkan kinerja serta mutu layanan untuk dapat mempertahankan capaian itu.

“Penghargaan justru memacu kita untuk memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada pelaku usaha, khususnya investor yang ada di Kota Ambon dengan memberikan pelayanan yang prima sesuai dengan SOP yang tersedia,” tutup Saimima.(Mg-03)