Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) akan mengelar pemilihan kepala desa serentak tahap III

Sekretaris Dinas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat SBB Emi Leatemia mengaku demi mensukseskan pilkades pihaknya terus melakukan sosialisasi.

Untuk itu dirinya meminta kepada panitia pilkades harus lebih dulu melaksanakan pemutahiran data baik itu identifikasi dan verifikasi data pemilih tahun 2019 untuk dijadikan sebagai daftar pemilih sementara.

Panitia juga katanya harus selektif dan transparan kepada masyarakat, karena pengalaman pilkades serentak tahap I dan II, data pemilih menjadi sumber konflik dan menjadi pintu masuk bagi pihak-pihak yang kalah saat perhitungan dan rekapitulasi perhitungan suara.

“Ini agar desa yang mengikuti pilkades tahap III dapat menjalankan tugas dan fungsinya bisa dapat meminimalisir konfik,” harapnya.

Baca Juga: Bupati: Harus Jaga Nama Baik SBB

Lanjutnya, terkait dengan persyaratan bakal calon perlu di ingat tiga hal penting yakni syarat administrasi, Persyaratan umum dan Persyaratan lain-lainnya.

“Bakal calon kepala desa yang tidak boleh lagi memakai ijazah SMP. Sebab hal ini terkait dengan sumber daya manusia (SDM) yang kelak akan melahirkan konsep dan gagasan untuk kemajuan desa yang maju dan mandiri,” ingatnya. (S-18)