MASOHI, Siwalimanews – Pemkab Malteng saat ini telah menyiapkan beasiswa bagi putra dan putri terbaik yang akan masuk ke Fakultas Kedokteran.

Bahkan gebrakan yang dibuat Penjabat Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy ini diklaim akan dilakukan secara transparan dan terbuka, dimana setiap masyarakat di Maluku dapat mengakses informasi itu dengan baik.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tengah Zahlul Ihsan yang dikonfirmasi wartawan di ruang kerjannya, Kamis (10/11). membenarkan kebijakan penjabat bupati tersebut. bahkan saat ini, pihaknya sementara menyiapkan strategi serta teknik rekrutmen pembiayaan kuliah tenaga dokter.

“Ini salah satu konsep strategi pak bupati untuk berikan solusi mengatasi kebutuhan tenaga dokter di Malteng. Secara teknis kita sedang siapkan kontrak kerja sama dengan mereka yang siap dibiayai pemerintah untuk melanjutkan pendidikan  di Fakultas Kedokteran,” jelas Ihsan.

Pemerintah kata Ihsan, terbuka dan memberikan peluang bagi mereka yang yang hendak menjadi dokter, dengan syarat, setelah selesai studi kembali dan mengabdi di Maluku Tengah.

Baca Juga: DPRD Desak Dikbud Bayar Sertifikasi dan Tunjangan Tamsil Guru

“Tentu kita siapkan kontraknya. Syaratnya mudah, diantaranya lulus seleksi Fakultas Kedokteran serta bersedia kembali dan mengabdi di Malteng,” ucapnya.

Menurutnya, jika memenuhi syarat, maka pemkab akan membiayai seluruh biaya kuliah sampai selesai. Langkah inipun akan dilakukan dengan transparan. Intinya adalah siapa saja calon mahasiswa kedokteran yang lulus seleksi masuk Fakultas Kedokteran, sepanjang bersedia kembali dan mengabdi di daerah akan dibiayai sampai selesai.

“Tidak ada neko neko, asal dia lulus masuk Fakultas Kedokteran dan bersedia kembali untuk mengabdi di daerah, akan kita biayai,” tandasnya.(S-17)