MASOHI, Siwalimanews – Pemkab Maluku Tengah di masa pandemi Covid-19 terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi di daerah ini dengan memperkuat kebijakan pemerintah pusat.

Kebijakan pemrintah pusat ini diperkuat melalui penguatan perlindungan sosial, pengendalian harga, memastikan harga dan ketersediaan kebutuhan pangan, mempercepat realisasi belanja bantuan sosial dan belanja modal untuk mendukung pemulihan ekonomi khusudnya pada sektor produktif.

“Untuk itu saya mengapresiasi terlaksananya kegiatan high livel meeting (HLM) inflasi dan pemulihan ekonomi daerah yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku,” ucap Bupati dalam sambutannya pada kegiatan tersebut yang dipusatkan di Kantor Bupati, Selasa (24/11).

Menurutnya, kegiatan yang digelar saat ini merupakan momentum penting yang dapat dijadikan wadah komunikasi dan koordinasi dari semua stakeholder terkait dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi daerah melalui pengendalian inflasi serta peningkatan sektor produktif di Kabupaten Malteng.

Sebagaimana diketahui, kondisi perekonomian bangsa di tahun ini sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya akibat dampak pandemi Covid-19 pada segala aspek, terutama kesehatan serta perekonomian masyarakat yang saat ini masih belum stabil.

Baca Juga: KNPI: Pemkab Jangan Jadi Biang Kerok Konflik Pemuda

“Mengingat kondisi inflasi sangat berpengaruh pada perekonomian daerah, maka pemerintah dituntut mampu mempertahankan tingkat inflasi agar tidak terlalu rendah dan harus berada pada titik keseimbangan agar dapat mampu memberikan stimulus pada produsen agar dapat terus berproduksi,” ujarnya.

Upaya pemulihan ekonomi saat ini, menjadi fokus pemerintah pusat melalui beberapa paket kebijakan ekonomi dan penyaluran bantuan tunai maupun bantuan sosial kepada masyarakat, guna menekan dan meminimalisir dampak pandemi terhadap perekonomian masyarakat, termasuk dengan strategi jitu untuk mengendalikan inflasi.

“Saya sampaikan terima kasih atas sumbangsi Kepala BI Maluku dan jajarannya atas kerja sama dan dukungan pendampingan kepada Pemkab Malteng dalam membangun perekonomian daerah yang lebih berkualitas.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Marlatu Leleury, Kepala Perwakilan BI Maluku Noviarsano Manullang, para pimpinan OPD serta kepala perbankan di Malteng serta sejumlah stakeholder lainnya.(S-36)