AMBON, Siwalimanews –  Pemerintah Kabupaten Buru bakal mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 juta yang diperuntukan bagi tahapan pilkada serentak tahun 2024.

Kesiapan Pemkab Buru ini diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Maluku Amir Rumra kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (12/4) usai melakukan pengawasan di Kabupaten Buru.

Komisi I kata Rumra, telah melakukan pengawasan guna menindaklanjuti kesiapan Pemkab Buru dalam menghadapi pemilu 2024, dengan melibatkan sejumlah OPD yang berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada.

“Kita kemarin dengan Disdukcapil, BKD, Dinas Pemdes, Kesbangpol, Bappeda,  KPUD serta Bawaslu Buru untuk pastikan ketersediaan anggaran bagi pilkada dan kita telah mendapatkan penjelasannya,” ucap Rumra.

Menurutnya, berdasarkan penjelasan Penjabat Bupati Buru Jalaludin Salampessy, bahwa pemkab telah mengalokasikan anggaran yang sudah disiapkan untuk pilkada sebesar Rp500 juta. Kesiapan daerah sangat penting, mengingat anggaran yang dibutuhkan untuk pilkada serentak cukup besar, bisa mencapai Rp471 miliar, sehingga akan membebankan APBD masing-masing daerah.

Baca Juga: Ini 8 Sasaran Target Pembangunan Pemkot di 2024

Komisi I menurut Rumra, akan terus melakukan komunikasi dengan semua pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Maluku terkait dengan kesanggupan pembiayaan pilkada dengan berbagai opsi termasuk sharing anggaran.

“Koordinasi intensif akan kita lakukan guna mendapatkan opsi terbaik dalam melakukan penganggaran sebab kalau dipaksakan untuk ditanggung sepenuhnya juga cukup berat, maka mestinya kita cari formula yang paling baik,” tandasnya.(S-20)