DOBO, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Aru di tahun ini memanjakan warganya yang akan merayakan Idul Fitri 1444 Hijriyah, dengan program mudik gratis. Bahkan tak tanggung-tanggung enam armada pelayaran disiapkan untuk melayani masyarakat.

Kabid Penyeberangan pada Dishub Aru Frejon Pesulima saat dikonfirmasi Siwalimanews di ruang kerjannya, Selasa (18/4) mengaku, sebanyak enam armada pelayaran dioperasikan guna melayani pelayaran mudik gratis menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Keenam armada milik Pemkab Aru tersebut yakni, KMP Aru Maju 01, KMP Aru Maju 02 yang melayani Dobo hingga Marlasi pulang pergi dan Dobo hingga Koijabi pulang pergi, dua kapal ini telah bertolak, Selasa (18/4).

Sementara untuk keberangkan pada, Rabu (19/4) ada empat kapal yakni, KM Karawera melayari rute Dobo menuju Meror di Kecamatan Aru Selatan Timur, KM Banawa N 15 melayari rute Dobo menuju Leting di Kecamatan Leting, KM Tarangan melayari Dobo menuju Taberfane di Kecamatan Aru Selatan Utara dan KM Eno Karang akan melayari Dobo menuju Mesiang di Kecamatan Aru Tengah Selatan.

Sementara untuk kebarangkatan pada, Kamis (20/4), hanya satu armada yang di kerahkan, yakni KMP Aru Maju 02 yang akan melayari rute Dobo menuju Wakua di Kecamatan Aru Tengah.

Baca Juga: Fatlolon: Berbagi Kasih Sudah Menjadi Budaya Keluarga

“Selanjutnya, Jumat (21/4) kita kerahkan empat kapal, yakni KM Banawa N 15 dengan rute Dobo-Kumul  di Kecamatan Batuley, KMP Aru Maju 01 rute Dobo Longgar di Kecamatan Aru Tengah Selatan, KM Karaweira dengan rute Dobo Jelia di Kecamatan Aru Selatan dan KM Eno Karang rute Dobo Foket di Kecatanan Aru Utara,” ura Pesulima.

Ia berharap, dengan dioperasikan empat unit kapal dan dua unit KMP ini dapat menjawab kebutuhan layanan transportasi laut bagi seluruh masyarakat Aru untuk pulang kampung merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan aman.

Keenam armada ini juga aan tetap dioperasikan untuk melayani arus balik nantinya setelah perayaan Idul Fitri. Pelayaran mudik gratis ini bukan saja dilakukan saat Idul Fitri saja, namun ketika Natal dan tahun baru juga diberlakukan yang sama.

“Kepada seluruh penumpang diharapkan agar selalu mengutamakan dan memperhatikan keselamatan dalam pelayaran, sehingga semuanya berjalan dengan aman, lancar dan tertib,” himbau Pesulima.(S-11)