AMBON, Siwalimanews – Kebakaran besar kembali melanda kawasan Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (18/4) yang diduga akibat arus pendek listrik.

Kebakaran itu menyebabkan tiga rumah yang berlokasi di RT 002/04, masing masing milik Keluarga Lutfi Muhrim, La Alfi, dan Rahma Pesilette ludes terbakar.

Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Jane Luhukay kepada wartawan di Mapolresta, Selasa (18/4) menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi Gerhana Pesilette (39) yang merupakan anak pemilik rumah yang terbakar, bahwa saat peristiwa kebakaran, rumah mereka dalam keadaan tertidur di dalam kamar lantai I.

Saksi kemudian dikagetkan dengan teriakan warga sekitar, bahwa terjadi kebakaran. Mendengar teriakan itu saksi langsung kaluar dari kamar dan melihat gumpulan asap sudah masuk tembus ke lantai I.

“Saksi sempat melihat bahwa titik api dan gumpalan asap berasal dari lantai II  yang merupakan kamar kos-kosan. Melihat api mulai membesar, saksi langsung keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri,” jelas Luhukay.

Baca Juga: BPOM Masih Temukan Barang Kadaluarsa dan TMK

Beruntung saat kebakaran, penghuni kos-kosan yang berada di lantai II bangunan, tidak berada di tempat karena sedang mudik. Sulitnya lokasi membuat warga yang mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya kewalahan. Api akhirnya membesar dan merembet ke bangunan sebelahnya.

Berselang beberapa saat, anggota Polsek Nusaniwe dibawah pimpinan Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan Anakotta dan personel Polresta Ambon tiba di lokasi kebakaran, disusul 6 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Dari peristiwa kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian yang diakibatkan hanya kerugian materil yang di perkirakan baerjumlah kurang lebih Rp500 juta.

“Korban jiwa tidak ada hanya 3 unit rumah yang ludes terbakar, untuk penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik,” jelas Luhukay.(S-10)