DOBO, Siwalimanews  – Jumlah kasus terkonfirmasi harian terus meningkat, Pemerintah Kabupaten Kepulaan Aru berencana untuk melakukan vaksinasi massal pada Sabtu (26/6).

Hal ini disampaikan oleh Bupati Aru Johan Gonga dalam rapat koordinasi bersama TNI dan Polri terkait instruksi Presiden Joko Widodo tentang vaksinasi secara massal satu juta perhari yang dipusatkan di ruang rapat lantai dua Kantor Bupati, Kamis (24/6).

Pemberian vaksin massal ini nantinya akan berlangsung di lima lokasi yakni aula Polres Aru, RSUD Cendrawasih Dobo, Puskesmas Dobo, Puskesmas Siwalima dan Puskesmas Patti Djalabil.

Bupati Johan Gonga dalam arahannya mengatakan, perkembangan Covid-19 di Kabupaten Aru grafiknya melonjak naik, baik itu yang terpapar maupun yang meninggal dunia.

Untuk itu, masyarakat harus patuhi anjuran pemerintah dengan menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga: DPRD Janji Awasi Study Kelayakan Kereta Api Pulau Seram

“Pada saat ini, kita harus selalu melaksanakan testing, dan pengambilan sampel agar kita dapat menentukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di beberapa tempat,” ungkap bupati.

Selanjutnya, dalam waktu dekat juga kata bupati, satgas akan turun ke desa-desa untuk pembuatan posko PPKM guna penanganan Covid-19.

Dalam rakor itu, ditentukan kegiatan vaksinasi massal akan dilaksanakan selama tiga hari dengan target perhari 250 orang. Selain itu, akan dilakukan juga karantina secara terpusat kepada pasien yang terpapar Covid-19 pada lokasi yang telah ditetapkan, agar tidak terdapat penyebaran.

Pelaksanaan karantina terpusat juga akan dilaksanakan secara baik dan mengikuti SOP pelayanan, baik itu dari kelayakan tempat tidur dan makanan yang dikonsumsi. (S-25)