PEMERINTAH Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar upacara   Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Maluku Barat Daya, Jumat (28/10) dan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Wakil Bupati MBD,  Agustinus L. Kilikily.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati, menyampaikan Sum­pah Pemuda 28 oktober 1928 mem­berikan pelajaran kepada kita ba­gaimana menyikapi perbedaan sikap primodial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu untuk telah menjadi tonggak yang kuat menuju Kemerdekaan. Peran pemuda dalam melopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkain pengerakan-pengerakan telah mengantarkan kepada Prokla­masi Kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Kata dia, tema peringatan hari sumpah pemuda tahun 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” ujar Menpora.

Baca Juga: 28 Atlet Tinju Kota Ambon Siap Ikut POPMAL IV

Lanjut Menpora, pemuda hari ini adalah merupakan tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan Bangsa Indonesia di masa yang akan da­tang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nila-nilai persatuan atas segala-galanya. Memandang kebe­ragaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa untuk menggapai kejayaan Indonesia.

Acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini dihadiri Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, Kasie Intelijen Kejaksaan Negeri MBD, Henry E. Tewernussa, Perwira Polisi dan TNI beserta anggota, Pimpinan OPD bersama Staf, Pimpinan dan Utusan Organisasi Kepemudaan yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya, Mahasiswa dan Siswa-Siswi SMA/SMK. (S-08)