HARI Sumpah Pemuda yang ke-94 Tahun 2022, diperingati ASN di lingkup  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, lewat upacara bendera di halaman parkiran Balai Kota, Jumat (28/10).

Tak seperti biasanya, upacara bendera kali ini diikuti ASN dengan berpakaian “cele/kurung” khas Ambon.

Peringatan hari sumpah pemuda dibawah sorotan tema “Bersatu Bangun Bangsa” ini, memiliki pesan mendalam yakni; bersatu-padu merupakan harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ke­tangguhan dan persatuan guna membangun peradaban yang ung­gul sebagai eksistensi bangsa.

“Kami mengajak selutuh elemen bangsa menghimpun kekuaan dan semangat untuk bergerak, mendo­rong pemuda Indonesia untuk me­ngembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun keja­waan sepanjang masa,” ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga (Men­pora) RI, Zainudin Amali, dalam sambutan yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena selaku inspektur upacara.

Oleh sebab itu, guna mewujudkan eksistensi bangsa melalui upaya pembangunan pemuda tidak dapat dikerjakan secara individualis, perlu ada kerja kolaboratif dalam pembangunan kepemudaan yang sinkron dan harmoni.

Baca Juga: Pemkab SBT Luncurkan Aplikasi TEPUK

“Marilah kita jadikan momentum peringatan untuk meningkatkan semangat kita bersama guna membangun bangsa,” katanya.

Tak hanya untuk bangsa, namun Penjabat Walikota yang ditemui usai memimpin upacara tersebut berharap, melalui momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini, berbagai masalah yang sedang dihadapi dapat terselesaikan bersama-sama dengan para pemuda-pemuda intelek, dan cerdas di kota ini guna mebangun bangsa ini.

“Kita berharap dengan berbagai permasalahan yang dihadapi Kota Ambon hari ini, para pemuda dengan kekuatan-kekuatannya untuk Kasi Voor Ambon, lewat peran aktif mengisi pembangunan, melakukan tugas dan tanggung jawab dengan cara mengindari penyampaian aspirasi dengan kekerasan, dukung pemeritah dalam upaya membangun kesejahteraan masyarakat,” tandas Wattimena. (S-25)