Pemerintah daerah kabupaten seram bagian timur melalui dinas kesehatan mengelar workshop pemahaman Standar dan Akreditasi Puskesmas.

Workshop pemahaman Standar dan Akreditasi dipusatkan Gedung Serabguna Dinas Kesehatan yang diikuti perwakilan dari Puskesmas Kilmury, Puskesmas Pulau Panjang, Puskesmas Polin dan Puskesmas Batuasa.

Peserta yang hadir terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Mutu, Ketua Pokja Administrasi manajemen puskesmas, Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Pokja Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP).

“Ini kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun untuk peningkatan mutu dan pelayanan di puskes­mas,” kata Panitia penyelenggara workshop Wajahudin Sohilauw dalam sambutannya.

Dirinya mengaku kegiatan ini sebagai upaya pendampingan terhadap puskesmas-puskesmas menuju proses akreditasi atau proses perbaikan mutu dan peningkatan kerja puskesmas.

Baca Juga: Pemda Malteng Kembali Raih Opini WTP

“Dari total 22 puskesmas di Kabupaten SBT, beberapa sudah terakreditasi dasar, madya dan utama, sedangkan yang belum akan diupayakan untuk diakreditasi termasuk empat puskesmas ini, ujarnya.

Untuk diketahui workshop pemahaman standar dan instrumen akreditasi berlangsung selama empat hari.

Sejumlah narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini yakni Surveior Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) provinsi. Sejumlah materi yang dibawakan seperti administrasi manajemen, upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan. (S-39)