NAMROLE, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD) bersama Polres Pulau Buru, Kamis (24/6).

Penandatanganan NPHD terkait lokasi lahan yang dihibahkan Pemda untuk pembangunan Polres di Kabupaten Bursel ini berlangsung di auditorium lantai dua kantor Bupati setempat.

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut, Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa, Kapolres pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati, Wakapolres Pulau Buru Kompol Bachri Hehanussa, Sekda Bursel Iskandar Walla, Kepala Dinas Kawasan Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Bursel Dominggus Lesnussa, Kapolsek Namrole, Yamin Selayar, serta para tamu undangan lainnya.

Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa dalam arahan singkatnya mengatakan, penandatangan NPHD dengan Polres ini merupakan suatu langkah maju untuk Kabupaten Bursel karena sudah waktunya Kabupaten Bursel memiliki polres.

“Hal ini merupakan suatu langkah maju bagi daerah ini, karena sudah waktunya Bursel memiliki Polres sendiri, kemudian nanti Kodim dan Kejaksaan yang sementara berproses,” kata Tagop.

Bupati dua periode ini berharap, dengan penanda tanganan hibah lahan ini dapat disikapi cepat oleh pihak Polres dan bisa segera melakukan pembangunan.

“Saya berharap pak Kapolres bisa mempercepat proses ini karena proyek ini tertunda hampir 6 tahun karena pada hibah lahan pertama itu ternyata lokasinya kurang strategis dan kemudian beberapa waktu lalu ada sedikit sengketa terkait lahan dengan masyarakat,” ucap Tagop.

Tagop juga meminta Sekda Bursel, Iskandar Walla dan Kadis Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan  Bursel Dominggus Lesnussa untuk bisa menindaklanjuti sehingga lahan tersebut legalitasnya bisa benar-benar terpenuhi.

“Setelah itu mungkin juga dengan pihak Kodim, Brimob dan Kejaksaan supaya bisa berproses secara bersama-sama,” pinta Tagop.

Dirinya yakin dengan adanya Polres, akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Bursel serta akan memberi rasa aman kepada masyarakat.

“Dengan adanya Polres akan mengungkit ekonomi di Bursel, akan datang Polisi yang banyak, keluarga mereka juga akan ke sini dan tentunya rasa aman kepada masyarakat itu bisa terjamin karena daerah kita termasuk daerah rawan terutama di Waesama,” terangnya. (S-35)