AMBON, Siwalimanews – Komisi I DPRD Maluku menemui DPR RI membahas persolaan atas lahan yang nantinya diperuntukkan bagi pembangunan Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional, maka Komisi I DPRD Provinsi Maluku menyambangi Komisi IV DPR RI.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Edison Sarimanela kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (11/11) menjelaskan, kunjungan Komisi I ke DPR RI bermaksud, untuk memastikan tidak ada persolaan berkaitan dengan pembebasan lahan milik warga dusun Batu Naga, Ujung Batu dan Batu Dua.

“Jadi komisi I telah menyambangi DPR RI khususnya Komisi IV dan Komisi VI guna memastikan persoalan lahan untuk Ambon New Port dan LIN tidak ada masalah,” ujar Sarimanela.

Kata dia, Komisi I pada prinsipnya mendukung proyek strategis nasional Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional, namun hak-hak masyarakat juga tidak boleh disepelekan, artinya harus juga memberikan manfaat bagi masyarakat.

Apalagi, proyek strategis nasional ini menelan anggaran yang cukup fantastis, sehingga Komisi I tidak menghendaki kedepan muncul persoalan-persoalan yang dapat menghambat pembangunan tersebut.

Baca Juga: Kasus Menurun, Ambon Menuju Level I

Atas kunjungan aspirasi ini tambah Sarimanela, Komisi IV sangat responsif dan berjanji akan menyampaikan langsung kepada kementerian dan lembaga terkait, sehingga keinginan masyarakat Maluku dapat terealisasi dengan baik pula.

“Yang pasti Komisi IV mendukung dan komisi IV akan melanjutkan itu ke kementerian terkait,” ungkapnya. (S-50)