Pelindo dan Pemprov Sepakat Bangun 5 Pelabuhan

AMBON, Siwalimanes PT Pelindo sepakat dengan Pemprov Maluku melakukan penandatanganan MoU untuk membangun lima pelabuhan di Provinsi Maluku.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di ruang kerja Gubernur Maluku, Murad Ismail  Jumat (6/9).

Mewakili Pemprov Maluku Gu­bernur Maluku, sedangkan PT Pelindo hadir Direktur Utama Farid Padang. Usai penandatanganan MoU, Farid kepada wartawan men­jelaskan, bersama dengan Pemprov Maluku pihaknya sepakat mem­bangun pelabuhan di Maluku.

“Jadi sebelum penandatanganan ini ada presentase yang dilakukan di hadapan semua OPD kemudian dilanjutkan dengan penandata­nganan pengembangan kota baru di Kota Ambon.

“Pengembangan kota baru akan dilakukan di pelabuhan lama itu pertama dan kedua pengembangan pelabuhan Tulehu sebagai pela­buhan ekspor langsung, pengemba­ngan pelabuhan terintegrasi di Kota Ambon dan pengembangan pelabu­han di Blok Masela,” jelas Farid.

Farid juga mengaku konsep pengembangan kota baru ini sendiri sudah dirancang oleh pemprov. “Kita mendukung pembangunan kota baru sesuai dengan konsep pemerintah daerah  yang akan diba­ngun di daerah pelabuhan lama,” katanya.

Sedangkan untuk pelabuhan ekspor langsung akan di bangun di Tulehu untuk mendukung ekport langsung dari Maluku. Pelindo bangun pelabuhan ekspor langsung, semua sistem ekspor disiapkan  juga langsung di pelabuhan Tulehu.

Menurutnya, paling penting adalah pembangunan pelabuhan di Blok Masela, karena itu nantinya  sebagai sarana pendukung guna pengelolaan lapangan abadi Masela. Selama lima tahun Pelindo akan melakukan roadshow dengan mencari investor guna mewujudkan pembangunan yang sudah direca­nakan itu.

“Kami akan siapkan dalam 5 tahun, dan  Pelindo akan melakukan road­show dengan mencari invstor,” janji Farid. (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *