AMBON, Siwalimanews – Keberadaan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) sejatinya tidak hanya sebagai organisasi keumatan tetapi GAMKI selama ini telah berkontribusi memajukan kesejahteraan bangsa.

Hal ini disampaikan Pendeta Ridho Kwalomine dalam refleksinya saat ibadah pelantikan Panitia Kongres Nasional XII GAMKI yang pelaksanaannya di Gereja Maranatha, Sabtu (4/3).

Dalam refleksinya, Kwalomine mengatakan, Kongres Nasional XII GAMKI yang akan berlangsung bulan Agustus 2022 mendatang butuh pergumulan seluruh warga gereja, baik pada level nasional maupun pada aras lokal.

Berpijak pada pembacaan Alkitab yakni Kitab Yeremia 29:7, Kwalomine menjelaskan kongres bukan sekedar kegiatan organisatoris, tetapi melalui kongres lahir keputusan-keputusan yang mampu memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Menurutnya, Yeremia sebagai seorang nabi mengilhami kesejahteraan sebagai sebuah kondisi dimana semua manusi harus hidup makmur. “Alkitab melalui kitab Yeremia menjelaskan kepada kita soal kesejahteraan. Berbicara kesejahteraan adalah sebuah kondisi manusia  dimana orang-orangnya dalam keadaan makmur, sehat dan damai. Setiap bangsa, provinsi, kabupaten dan kota bahkan setiap keluarga memiliki cita-cita untuk hidup sejahtera.

Baca Juga: Tak Pindahkan Ibukota Provinsi, Kampanye MI Dinilai Bohongi Publik

“Kita mengharapkan adanya kesejahteraan sosial, politik dan ekonomi itu tercapai. Tidak yang tidak. Kalaupun kemudian dalam aksentuasinya ada kurang, itu soal komitmen dalam kehidupan. GAMKI juga punya potensi kadernya dalam hal mensejahterakan bangsa ini,” urai Kwalomine.

Meskipun begitu, pendeta muda ini menekankan kepada panitia Kongres XII GAMKI untuk tetap percaya bahwa Tuhan adalah sumber kesejahteraan dan bukan yang lain.

Sukseskan Kongres

Sementara itu, Ketua Umum GAMKI, Willem Wandik usai melantik panitia Kongres XII GAMKI berharap bagi seluruh pemuda Kristen dan GAMKI di Maluku untuk turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Kongres XII GAMKI di Kota Ambon, Agustus nanti.

Didampingi Ketua GAMKI Maluku, Heppy Leunard Lelapary, Willem Wandik berpesan agar semua pemuda Kristen membuka diri dan berpartisipasi mensukseskan Kongres XII GAMKI di Kota Ambon.

“Ambon sebagai tuan rumah pelaksanaan Kongres XII GAMKI, saya harap pemuda dan keluarga besar GAMKI di Maluku dan sekitarnya bisa membuka diri dan turut berprtisipasi dalam menyongsong Kongres tersebut. Kehadiran GAMKI ini memberikan kontribusi yang berarti dalam mendukung eksisntensi kehidupan keumatan dalam hal mendukung harmoni dan unity dan juga toleransi dan pluralisme di tengah-tengah kehidupan bernegara yang begitu kompleks,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrat yang adalah anggota Komisi V DPR RI ini berharap penyelenggaraan Kongres GAMKI mampu melahirkan keputusan dan kepengurusan GAMKI yang solid dan visioner dan bisa melanjutkan kerja-keja GAMKI lebih maju terutama membumikan “Syalom”  di seluruh penjuru nusantara.

Bahas Persoalan di Intim

Sekretaris Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) GAMKI, Johan Rahantoknam juga mengatakan, Kongres XII GAMKI merupakan langkah maju supaya, orang-orang dalam organisasi ini taat berkonstitusi di GAMKI.

“Kami memang sangat menyambut baik kongres ini dilaksanakan di Ambon. Sehingga  regenerasi kepemimpinan di dalam GAMKI tidak stagnan. Jadi memilih Ambon sebagai tuan rumah itu satu pilihan yang tepat ditengah-tengah  isu-isu kemiskinan dan keterbelakangan. Saya rasa kongres ini  adalah momentum yang paling tepat yang dipilih oleh dewan pimpinan pusat GAMKI untuk kita bicara persoalan-persoalan kawasan ini yang masih jauh dari harapan kita bersama,” ujar Rahantoknam. (S-07)