AMBON, Siwalimanews – Dipastikan, Rabu (24/4) nanti, Partai Gerindra Maluku membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah secara serentak.

Pendaftaran bakal calon kepala daerah, dibuka untuk balon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota, yang akan diusung Gerindra pada pilkada serentak 27 November mendatang.

Ketua Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa kepada wartawan di Ambon, Sabtu (20/4) menjelaskan, partainya memiliki alasan tersendiri sampaikan pendaftaran bacalkada dibuka setelah sejumlah parpol telah membuka pendaftaran.

“Alasan kita sangat rasional, sebab saat ini Ketua Umum Gerindra Pak Prabowo Subianto sementara menghadapi proses litigasi PHPU di Mahkamah Konstitusi, maka tidak elok jika kader di daerah justru bersenang dalam proses pendaftaran kepala daerah, jadi kita putuskan 24 April atau setelah putusan MK baru kita buka pendaftaran,” ungkap Lewerissa.

Partai Gerindra kata Lewerissa, memberikan kesempatan kepada siapapun baik kader partai maupun non partai yang ingin mendaftar untuk mendapatkan rekomendasi Gerindra.

Baca Juga: Oursepuni Orang Pertama Ambil Formulir di PDIP Aru

Bahkan dalam proses untuk proses pendaftaran, Gerindra tidak mematok biaya, tetapi dikembalikan secara sukarela kepada masing-masing pendaftar.

“Siapa saja bisa mendaftar dan kita tidak mematok harga pasti, tapi Tagalaya gotong royong, artinya tidak ada paksaan melainkan kerelaan saja. Kenapa ada Tagalaya gotong royong, karena harus diurus administrasi, bahkan dibawah ke DPP di Jakarta,” jelas Lewerissa.

Lewerissa memastikan, pihaknya akan memonitor proses pendaftaran di daerah, sebab ditakutkan ada DPC yang sengaja mematok biaya pendaftaran. (S-20)