AMBON, Siwalimanews – Langkah Partai Golkar mempertahankan kursi ketua DPRD Kota Ambon rupanya bakal terganggu dengan manuver politik PDIP menjelang pelaksanaan pileg pada 14 Februari nanti.

Pasalnya, DPC PDIP Kota Ambon percaya diri dan optimis, bakal merebut kursi yang saat ini diduduki politisi Golkar Elly Toisuta sejak tahun 2019 lalu. Bahkan tak tanggung-tanggung untuk menumbangkan Partai Golkar dari kursi ketua DPRD, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini menargetkan enam kursi dari lima dapil di Kota Ambon.

“Untuk merebut ketua DPRD itu sudah pasti ditangan PDIP,” ujar Ketua DPC PDIP Kota Ambon, Gerald Mailoa dengan percaya diri kepada wartawan di Kantor DPD PDIP Maluku, Sabtu (3/2).

Gerald mengungkapkan, target merebut kursi ketua DPRD Kota Ambon yang sebelumnya diduduki kader banteng, James Maatita telah diputuskan pada Rakerda III beberapa waktu lalu.

Dalam Rakerda III DPC PDIP Kota Ambon kata Gerald, menetapkan jika pemilu 2024 mendatang harus ada caleg harus terpilih pada seluruh dapil di Kota Ambon.

Baca Juga: Pemprov Diingatkan tak Cari Untung di Pasar Mardika

“Target kita akan memperoleh kursi di DPRD 6 kursi, kenapa karena untuk pemilu legislatif ini di semua dapil kita memiliki caleg yang mumpuni dan pasti bisa merebut suara pemilih,” jelas Gerald.

Enam kursi tersebut lanjut Gerald, terdiri dari dapil Nusaniwe tetap dua kursi, dapil Sirimau 1 satu kursi, dapil Baguala dan Teluk Ambon kembali merebut dua kursi.

Sedangkan dapil Sirimau 2 yang selama ini tidak pernah menyumbang caleg terpilih bagi PDIP, Gerald memastikan untuk pemilu 14 Februari akan ada satu kursi dari Sirimau 2.

“Kita harus merebut kembali satu kursi yang hilang di Baguala, jadi dua kursi dari sana dan kita tidak pernah dapat kursi dari Sirimau 2 tapi target harus 1 kursi saat pemilu nanti, karena kita punya kompetitor yang kuat,” tegas Mailoa.

Gerald menambahkan, sampai saat ini konsolidasi caleg dan struktur partai ditingkat DPC, PAC dan ranting terus dilakukan. Apalagi, survei nasional untuk pemilu legislatif menempatkan PDIP memang di seluruh tingkatan, sehingga menjadi modal bagi PDIP Kota Ambon untuk terus bekerja keras.(S-20)