AMBON, Siwalimanews – Dahrma Pertiwi Daerah Q mengelar perlombaan baris berbaris (PBB) dengan melibatkan 20 pelajar se-Kota Ambon, dan dipusatkan di Lapangan Makodam XVI/Pattimura, Rabu (18/9).

Keluar sebagai pemenang tingkat SMA yaitu, SMA Kartika dengan mem­per­oleh poin 4780, disusul SMA Al Fatah Ambon juara II dengan nilai 4.275 dan juara tiga SMA Negeri 1 Ambon 4.170.

Untuk Kategori SMP, keluar sebagai juara satu, SMP Negeri 2 Ambon dengan  poin  4863, juara dua SMP Negeri 22 Ambon dengan poin 4850 dan juara tiga diraih oleh SMP Angkasa Pura Ptm dengan 4788 poin.

Selain perlombaan Baris Berbaris, juga perlombaan yel-yel. Keluar sebagai juara satu, SMP Negeri 22 Ambon, juara dua, SMP Hangtuah, Juara tiga SMA Siwalima dan Juara Harapan SMS Kristen YPKPM.

Ketua Dharma Partiwi Daerah Q, Ny. Nida Marga Taufiq dalam sambutan pembukaan mengatakan, PBB bagi kalangan pelajar dipilih karena melalui kegiatan tersebut mampu menyalurkan dan  melatih kemampuan pelajar ke arah yang lebih positif.

Baca Juga: Walikota: Festival Musik & Budaya Kurang Publikasi

Aspek yang menjadi penilaian dalam perlombaan tersebut meliputi, kekom­pakan irama gerakan dasar baik ditem­pat, berjalan, perubahan arah, variasi gerakan, kerapihan kostum, kesela­rasan dan kedisplinan.

Sebagaimana rilis yang disampaikan Pendam XVI/Pattimura kepada Siwa­lima, Kamis (18/9) mengungkapkan, PBB diambil Juara I, II dan II oleh masing-masing kategori, baik SMP maupun SMA dan mendapatkan piala serta uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq beserta Ketua Dharma Partiwi Daerah Q, Ny. Nida Marga Taufiq.

Perlombaan ini digelar dalam  rangka memperingati HUT TNI ke 74 pada  5 Oktober mendatan.

Sebelum menutup perlombaan baris berbaris (PBB) tingkat SMA dan SMP se-Kota Ambon, Pangdam Mayjen TNI Marga Taufiq berpesan untuk seluruh pelajar menyintai orang tua, guru dan cintailah sekolah.

“Cintailah Orang tuamu, cintailah gurumu, cintailah sekolahmu, karena tidak ada namanya mantan orang tua dan guru, Guru Tetaplah Guru,” pinta Pangdam. (S-19)