AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Ba­gian Barat (SBB) dibawah kepe­mimpi­nan Bupati Moh. Yasin Pa­yapo sangat berkomitmen kuat untuk kas bae SBB dengan mem­benahi pembangunan infra­struktur jalan di wilayah pesisir dan pe­gunungan.

Komitmen tersebut telah dibukti­kan dengan dibangunnya beberapa ruas ja­lan dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat pejalan kaki maupun menggunakan trans­portasi darat.

Jalan yang saat ini sementara dibangun pemerintah daerah, salah satunya, jalan lingkar Humual-Tani­wel Gunung, dan Taniwel Gunung-Inamosol. Dan rencana­nya Bahkan di tahun kedepan akan dilanjutkan pembangunan jalan untuk wilayah-wilayah lain.

“Dengan dikerjakannya infra­struk­tur jalan tersebut, maka komit­men pemerin­tah daerah untuk kas bae SBB dapat terwujud demi me­ningkatkan kesejahte­raan masyara­kat,” tegas payapo kepada Siwali­ma di Kantor Bupati, pekan lalu.

Dijelaskan infrastruktur jalan, khusus­nya di kawasan pesisir mau­pun pegu­nungan masih terus dibe­nahi. Untuk itu pemerintah daerah masih tetap komitmen untuk per­soalan infrastruktur tersebut. “Kita komitmen mewujudkan itu, karana pembangunan jalan tetap jadi prioritas Pemkab SBB,” ungkap Payapo.

Baca Juga: Pemkab SBB Gelar Kerja Bakti Bersama

Disamping persoalan ekonomi ke­rakyatan, penyelesaian infra­struktur seperti jalan dan jembatan juga ma­sih menjadi prioritas. Untuk infra­struktur jalan khususnya kawasan kota kabupaten maupun menuju, tetap dilakukan per­baikan apa bila terjadi kerusakan.

Untuk itu, orang nomor satu di SBB meminta masyarakat agar bisa bersabar sambil menunggu proses perbaikan jalan yang saat ini masih dalam pekerjaan. “Berbagai keluhan terkait kondisi jalan dalam kota Piru maupun wilayah pesisir dan pengu­nungan telah banyak disam­paikan oleh masyarakat. Masyarakat meng­inginkan agar segera dilaksanakan perbaikan terhadap ruas jalan yang mengalami kerusakan,” jelasnya.

Payapo mengakui bahwa, infra­struktur jalan, khususnya di wilayah pesisir dan pegunungan dan Kota Kabupaten yang memprihatinkan tetap menjadi perhatian penuh, dan Pemkab SBB masih tetap ko­mitmen untuk persoalan infrastruktur jalan.

Selain dari perluasan akses jalan, lanjut Payapo, adapun pembangu­nan infra­struktur pendidikan kese­ha­tan, pariwi­sata, pening­katan hasil pangan petani maupun nelayan dalam bentuk pemberian bantuan kepada masarakat. Hal ini tujuannya agar keterisolasian di Bumi Saka Mese Nusa mampu terselesaikan. “Saya tegaskan bahwa, selaku Bu­pati saya akan bekerja sungguh-su­ngguh demi kesejahteraan mas­yarakat SBB, karena amanah rakyat harus dijalankan dan dipertang­gung­jawab­kan suatu saat nanti,” terangnya.

Maka dengan itu ia berharap ke­pada masyarakat di SBB untuk bersama sama mendukung program pemerin­tah, agar infrastruktur jalan maupun jembatan serta program lainnya dapat terlaksana dengan baik. “Dengan memperluas pembangu­nan infrastruktur jalan di kasawan pesisir dan pegunungan dapat mem­buka akses trans­portasi darat agar mas­yarakat atifitas mas­yarakat bisa lancar, dan bahkan memper­pendek dan mem­permudah perjalanan war­ga dalam keseharian,” ungkapnya. (S-48)