MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) XI tahun 2023 yang berlangsung di Desa Angar, Kecamatan Kian Darat Kabupaten SBT secara resmi dibuka Bupati, Abdul Mukti Keliobas, Senin (20/11).

Bupati Mukti berharap MTQ SBT XI tahun 2023 ini menjadi momentum untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman isi kandungan Al Quran.

“Saya berharap peserta yang mengikuti lomba ini bersungguh-sungguh mencapai hasil yang baik, untuk dapat mewakili Kabupaten SBT di tingkat provinsi maupun nasional,” tandasnya.

Selain meningkatkan pengetahuan dan isi kandungan Al Quran, lewat kegiatan MTQ ini ia berharap dapat melahirkan qorih dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik yang terpilih mengikuti MTQ pada tingkat provinsi maupun nasional.

Ia juga berharap kepada dewan hakim yang baru saja dikukuhkan agar melakukan penilaian dengan jujur dan adil sesuai dengan sumpah yang diucapkan.

Baca Juga: Bupati Apresiasi Dedikasi Insan PUPR

“Semoga dengan penilaian yang diberikan akan melahirkan qorih dan qori’ah, hafidzdan hafidzah, muratil dan muratillah terbaik untuk mewakil SBT,” katanya.

Acara pembukaan MTQ ini terlihat begitu meriah, dengan suguhan beberapa tarian adat Kiandarat, yang dipentaskan oleh gabungan siswa-siswi se-Kecamatan Kiandarat. Nampak Bupati SBT dua periode ini memberikan apresiasi dan penghargaan kepada panitia penyelenggara, serta secara khususnya kepada warga setempat maupun pihak lain yang mendukung penuh terlaksananya MTQ ini.

“Saya mengapresiasi kerja keras seluruh panitia penyele­nggara dan masyarakat Kian Darat sehingga terselenggaranya kegiatan ini, walaupun dengan keterbatasan yang ada, namun kegiatan ini berjalan sesuai keinginan,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Ia katakan, pelaksanaan MTQ tahun 2023 di kecamatan Kiandarat merupakan MTQ yang sangat luar biasa bagi masyarakat SBT sekaligus momen terakhir dalam masa kepemimpinannya sebagai Bupati SBT.

Total peserta yang mengikuti mata lomba dalam MTQ ke-XI tingkat kabupaten SBT ini berjumlah 458 peserta dari 15 kecamatan pada salah satu kabupaten penghasil minyak di Maluku ini.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan MTQ ini pimpinan dan anggota DPRD SBT, Wakil Ketua DPP Partai Golkar Aziz Samual yang juga Ketua Badan Pemenang Pemilu (Bappilu) Wilayah Papua-Maluku, Ketua DPW Golkar Provinsi Maluku Ramli Umasugi, unsur Forkopim­da, para pimpinan OPD, Wakapolres SBT, Kepala kantor Kemenag SBT, serta para Official dan seluruh peserta dari 15 kecamatan se-Kabupaten SBT. (S-27)