AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A Setya­wi­bawa mengungkapkan, Patti­mura muda perlu memper­siapkan diri menghadapi berbagai tantangan dengan meningkatkan kualitas sum­ber daya manusia dan pe­nguasaan teknologi serta ilmu pengetahuan.

Pasalnya, tantangan dan ancaman yang dihadapi Pattimura-Pattimura masa kini adalah era revolusi industri 4.0, dimana dunia semakin kompetitif diber­bagai bidang, sehingga per­juangan saat ini tidak lagi perjuangan fisik, melainkan perjuangan yang mengan­dalkan otak dan karakter.

“Saya harapkan untuk terus mengembangkan po­tensi diri dan hasilkan ino­vasi sesuai bidang dan ta­lenta masing-masing,” ung­kap Pangdam saat memba­cakan sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam upacara memperingati HUT Pahla­wan Nasional Pattimura ke-206 tahun 2023, dipusatkan di Pattimura Park.

Menurutnya, spirit perjuangan Pattimura yang tidak tunduk dan menyerah kepada kolonialisme Belanda, walau tantangan datang silih berganti patut diteladani.

Karena hanya dengan bermo­dalkan parang salawaku dan bambu runcing, dan didorong oleh semangat serta gelora perjuangan yang membara, Pattimura dan rekan-rekan seperjuangannya terus maju pantang mundur mengusir penjajah.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Tiga Kapal Pelni tak Berlayar

“Hal ini menunjukkan pada kita semua bahwa, semangat juang dan patriotisme adalah kekuatan yang membawa kemenangan,” tuturnya.

Menurutnya,  nilai-nilai perjuang­an inilah yang patut terus diko­barkan dan digelorakan khususnya pada kaum muda sebagai generasi penerus bangsa. Pattimura-Pattimura muda harus bangkit dan terus berjuang untuk Negeri Maluku tercinta dan untuk Indonesia Raya.

Tema HUT tahun ini  yaitu, Tela­dani Pahlawanmu, Cintai Negerimu, untuk Indonesiaku, artinya dengan meneladani para pahlawan, maka semua mempunyai tanggungjawab yang sama untuk membangun bangsa dan negara.

Ditambahkan, tokoh internasional John F Kennedy pernah berkata, jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu tetapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negara. Kutipan ini, hendak mene­gaskan komitmen dan tekad untuk memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara tercinta Indonesia.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang terus merawat dan menggelorakan api Pattimura, kiranya perayaan HUT Pattimura ini menyemangati kita untuk terus berbakti dan berkarya demi kemajuan Maluku dan Indonesia kedepan,”harapnya.

Untuk diketahui bertindak sebagai Kapitan Upacara yakni Dandim 1513 Seram Bagian Barat, Letkol Inf Rudolf G Paulus.

Dalam upacara tersebut, tampak hadir Gubernur Maluku, Pangdam XVI Pattimura, Wakapolda Maluku, Danlantamal IX Ambon, Kabinda Maluku, Kepala BNN Provinsi Maluku, Kasdam XVI Pattimura, Danlanud Pattimura Ambon dan para pejabat utama lainnya.

Jadi Inspirasi

Usai upacara, Wakapolda Maluku, Brigjen Stephen M Napiun meng­harapkan, perjuangan pahlawan Pattimura jadi inspirasi bagi generasi muda.

Wakapolda menyampaikan peng­hargaan dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada pahla­wan nasional Pattimura, yang telah memberikan inspirasi dan semangat perjuangan kepada generasi se­karang.

Kata dia, peringatan sejarah yang penting ini yang menandai per­juangan Pattimura dalam memper­juangkan kemerdekaan dan keadilan bagi rakyat Maluku.

“Pentingnya mengenang per­juangan Pattimura sebagai cermin bagi rakyat Maluku dalam menjaga dan mempertahankan nilai-nilai keadilan, persatuan, dan kesa­tuan,”ujar Wakapolda usai prosesi upacara.

Wakapolda juga menekankan peran Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Maluku. Ia mengimbau kepada seluruh anggota Polri dan masyarakat Maluku untuk bersatu dan berperan aktif dalam mewujudkan keamanan yang berkelanjutan serta mem­perkuat kerjasama antara Polri, TNI dan seluruh elemen masyarakat

“Peringatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam meneruskan perjuangan dan membangun masa depan yang lebih baik bagi daerah dan negara,” harap Wakapolda. (S-10/Mg-1)