PIRU, Siwalimanews – Kondisi ruas jalan Trans Seram yang menghubungkan Kota Piru ke Kecamatan Taniwel Kabupaten SBB di beberapa titik mengalami rusak berat, warga minta Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BPJN) Maluku jangan tutup mata.

Pasalnya, jalan tersebut saat ini sangat memprihatinkan karena kondisinya bergelombang bahkan terancam terputus. Bukan saja jalan tetapi beberapa jembatan juga hampir roboh.

Akibat jalan dan jembatan rusak berat, masyarakat terlebih khususnya pengendara roda dua maupun roda empat hendak ke Kota Piru maupun Taniwel mengeluh, lantaran tak kunjung dilakukan perbaikan oleh Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Maluku.

Kondisi kerusakan jalan dan jembatan tersebut tentu saja sangat mengancam keselamatan masyarakat sehingga BPJN Provinsi Maluku diminta segera bersikap dan tidak tutup mata dengan kondisi yang ada.

Salah satu pengendara, Robi Matayane kepada Siwalima, Selasa (12/40) mengungkapkan, kondisi jalan rusak saat ini dilalui harus ekstra hati-hati apalagi di malam hari. padahal kerusakan ini cukup lama dan tak kunjung.

Baca Juga: 700 Polisi Amankan Ambon

“Jalan Trans Seram Piru Taniwel kondisinya bagaikan ombak bergulung dan rusak berat, bahkan beberapa buah jembatan pun hampir putus. Padahal sudah banyak pengendara yang mengalami kecelakaan akibat kondisi jalan ini,” tuturnya.

Menurutnya, sudah beberapa kali para pengendara roda sering mengalami kecelakaan dalam beberapa hari terakhir, sebab jalan tersebut kondisinya sangat parah. Hal ini juga kurangnya perhatian serius dari Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Maluku untuk dilakukan perbaikan.

Dirinya menuturkan, memasuki musim hujan akhir-akhir ini membuat jalan Trans Seram Piru-Taniwel banyak mengalam patahan dan berombak serta kerusakan, ditamba lagi minimnya lampu penerangan sehingga membuat pengendara harus ekstra hat-hati pada malam hari.

Untuk itu dirinya berharap, Balai Jalan dan Jembatan untuk tidak tinggal diam saja karena jalan tersebut tidak layak lagi untuk dilalaui. Hal ini perlu perhatian serius agar segera dilakukan perbaikan demi keselamatan warga dan para pengendara supaya terhindar dari kecelakaan.

“Sudah sepatutnya jalan ini dilakukan perbaikan, jangan sampai setelah banyak warga ataupun pengendara menjadi korban kecelakaan akibat jalan dan jembatan rusak baru dilakukan tindakan perbaikan,” tegasnya.

Selain itu, salah satu tokoh masyarakat Dominggus Mariate mengungkapkan, Jalan Trans Seram Piru-Taniwel dan beberapa buah jembatan sangat tidak layak untuk dilalui, saat ini sangat diharapkan warga untuk diperbaiki.

“Jika tidak segera ditangani, maka dihawatirkan tambah parah dan mengancam keselamatan pengendara yang melintas di kawasan itu. Dan pihak Balai Jalan jangan tunggu laporan daria masyarakat saja, tolong ke lapangan supaya menyaksikannya sendiri,” pintanya.

Ditambahkan, Balai Jalan dan Jembatan agar sesegera mungkin memperbaiki jalan yang rusak dan mulau amblas serta jembatan. Kalau tidak segera diperbaiki dikhawatirkan akan amblas total. (S-18)