Penjabat Bupati Muhamat Marasabessy mengakui digelarnya Rapat Paripurna memperingati HUT Provinsi Maluku ke-78 di Kota Masohi, merupakan wujud kecintaan serta kepedulian DPRD Maluku kepada masyarakat Maluku Tengah.

Melalui momentum ini juga, banyak makna yang bisa di ambil oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Malteng sebagai spirit untuk terus berbenah dalam membangun peradaban daerah demi kemajuan.

“Jadi kehadiran DPRD Maluku ke Kota Masohi merupakan bukti dan wujud kecintaan terhadap masyarakat Maluku Tengah dan Kota Masohi khususnya,” kata bupati dalam sambutan saat syukuran HUT Provinsi Maluku ke-78 di Baileo Soekarno Kota Masohi, Sabtu (19/8) malam.

Dalam momen ini juga bupati mengajak generasi saat ini harus melihat masa lalu, sebagai sebuah mata rantai sejarah.

Masa lalu itu adalah fondasi yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan,” terang bupati.

Baca Juga: Resepsi Kenegaraan, Marasabessy: Mari Lanjutkan Cita-Cita Perjuangan

Selanjutnya generasi saat ini juga bisa mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu.

“Dengan sedikit refleksi seperti itu, maka syukuran di malam ini, tidak hanya sekedar seremonial belaka. Namun memiliki makna agar kita semua dapat terus mengenang lembaran sejarah, di mana terpampang beragam keberhasilan sekaligus terbentang sejumlah tantangan yang harus disikapi secara bersama-sama”, urainya.

Ke depan, tantangan global menanti, seluruh anak Maluku pada setiap generasi. Dalam menatap tantangan tersebut, pijakan yang dipakai adalah bagaimana berpikir global, berpikir luas, berpandangan dunia.

Melalui kesempatan ini juga sebagai  bupati dan Pemkab Malteng mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang telah melaksanakan kegiatan ini di Masohi.

“Olehnya itu, saya mengajak agar bersama-sama kita satukan tekad, bersatu padu, manggurebe maju, membangun Maluku dengan semangat kebhinekaan, toleransi dan gotong royong,” pintanya.

Untuk diketahui hadir dalam syukuran HUT Provinsi Maluku ke-78 yakni Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, anggota DPR Henrik Lewerissa, Ketua DPRD Maluku Benhur George Watubun, Wakil Ketua DPRD Maluku Effendi Rasyid Latuconsina, Melkianus Sairdekut, Asis Sangkala.

Hadiri juga Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Anggota DPRD Maluku, Dandim 1502 Masohi Letkol Czi. M. Yusuf Aksa, serta pimpinan OPD dan anggota DPRD Malteng. (S-20)