MASOHI, Siwalimanews – Untuk menjadikan para kepsek sebagai seorang manajerial yang handal dan profesional, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Malteng menggelar pelatihan pelayanan prima atau Service Excellent Training kepada para kepala sekolah SD hingga SMP se-kabupaten tersebut.

Penjabat Bupati Malteng  Muhamat Marasabessy saat membuka kegiatan itu di Baileo Soekarno, Masohi, Rabu (1/3), memuji langkah Dinas Pendidikan yang menggelar pelatihan ini. Pasalnya,  pelatihan ini bermakna strategis demi menjadikan para kepsek seorang manejerial handal dan profesional.

“Saya sambut baik  terlaksananya pelatihan ini, serta menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan yang telah mengagendakan pelatihan ini, sebab menurut saya kegiatan ini sangat penting dan bernilai strategis untuk melatih para kepala sekolah menjadi seorang manajerial yang handal dan profesional terutama dalam memberikan pelayanan prima yang lebih berkualitas di masing-masing sekolah,” ucap bupati.

Bupati mengaku, laju perkembangan teknologi dewasa ini telah mengakibat perubahan fundamental pada pengunaan teknologi informasi. Hal ini telah merambah ke semua sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan.

Alhasil arus digitalisasi tidak lagi menjadi gaya hidup, namun telah berubah menjadi kebutuhan, untuk itu, dunia pendidikan harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang ada saat ini.

Baca Juga: Pangdam: Kodam Pattimura Siap Dukung Pembangunan Nasional di Maluku

“Dunia hari ini telah mengalami perubahan yang sangat fundamental. perkembangan teknologi informasi yang telah merambah seluruh sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan kita. Arus digitalasi bukan lagi menjadi trend/gaya hidup semata, namun sudah menjadi kebutuhan hidup setiap orang, terutama bagi para guru dan warga didik yang sangat aktif memanfaatkan saluran digitalisasi dalam mendukung proses belajar mengajar,” ujar bupati.

Selain itu menurut bupati, arus perkembangan teknologi informasi saat ini, harus memacu sistem layanan prima sektor pendidikan. Untuk itu, bagaimana tata kelola sekolah terus diperbaharui dan mengadaptasikan dirinya dengan dunia digitalisasi, agar pelayanan lebih efektif dan efisien. Kondisi ini menjadi tantangan bangsa pada masa kini dan masa depan.

“Kita semua adalah orang-orang yang mendapat amanat untuk mewujudkan pendidikan yang mencerdaskan bagi warga negaranya sesuai dengan tujuan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” tandas bupati.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malteng Teddy Salampessy pada kesempatan itu menambahkan, tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme seluruh pimpinan satuan pendidikan, baik tingkat dasar maupun lanjutan pertama.

“Kegatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Kepala SD dan SMP di Kabupaten Maluku Tengah sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang prima bagi kemajuan pendidikan di kabupaten ini,” jelas Salampessy.

Kepsek kata Salampessy, memiliki peran penting dalam peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, selain itu, kepsek juga memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreatifitasnya dalam mengelola sekolah yang menjadi tanggung jawabnya.

“Sebagai konsekuensinya, kepala sekolah harus terus meningkatkan kompetensi dirinya di tengah zaman yang terus menerus mengalami transformasi,” ujar Salampessy. (S-17)