AMBON, Siwalimanews – Mantan Ketua Umum Pengprov Pertina Maluku Jopy Papilaya mengaku sedih dengan kualitas tinju Maluku yang terus mengalami penurunan drastis.

Hal ini diungkapkan Papilaya saat membuka Musyawarah Provinsi Pengurus Pertina Maluku yang berlangsung di aula Dispora Maluku, Rabu (3/4).

Papilaya menjelaskan, 10 tahun pasca dirinya seperti memimpin Pengprov Pertina Maluku, ternyata prestasi tinju Maluku mengalami penurunan.

“Sepuluh tahun berlalu setelah saya menjadi ketua Pengrov Pertina ternyata saat berlalu prestasi tinju jauh menurun,” ucap Papilaya.

Bahkan kata Papilaya, dalam berbagai kejuaraan Pertina, dirinya selalu diledek daerah lain lantaran dipertanyakan terkait prestasi tinju Maluku yang beberapa tahun silam selalu menjadi primadona dalam olahraga tinju.

Baca Juga: Gara-gara Ngutang, Aleg PKB Ini Diaduin ke BK dan Partainya

10-15 tahun lalu, Maluku selalu menjadi juara umum dan ditakuti petinju dari daerah lain, namun per hari ini, Maluku sudah tidak dianggap. Faktor yang mempengaruhi prestasi tinju Maluku, yakni manajemen pembinaan dan pembiayaan termasuk pemilihan pelatih yang kompeten.

“Memilih petinju berbakat dan pelatih itu juga sangat penting, tapi yang lebih penting itu juga pembiayaan sebab pembinaan olahraga prestasi itu membutuhkan uang,” tandasnya.

Mantan Walikota Ambon dua periode ini berharap, ada perbaikan olahraga prestasi kedepan sehingga Maluku kembali diperhitungkan secara nasional.(S-20)