NAMLEA, Siwalimanews – Masyarakat Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, secara sadar dari hari ke hari terus mendatangi Puskesmas terdekat untuk minta divaksinasi Covid 19.

Anggota Koramil Namlea, Pelda Syamsudin Pali yang terus memantau jalannya vaksinasi di Puskesmas Namlea mengaku, sejak akhir bulan Februari hingga awal Maret ini, hampir setiap hari ada saja masyarakat yang datang untuk minta divaksin.

“Untuk hari ini saja, Selasa (1/3), sejak dibuka pagi hingga jelang siang hari sudah 45 warga yang datang minta divaksin dan semuanya berhasil mendapatkan vaksinasi,” ungkap Pali kepada Siwalimanews disela-sela vaksinasi di Puskesmas tersbeut.

Ia mengaku, deberapa warga yang ditanyainya mengapa mereka dengan suka rela ikut vaksinasi, semuanya mengaku, demi meningkatkan kekebalan tubuh mereka dari serangan Covid 19, apalagi mereka umumnya beraktivitas di luar rumah dan di tempat keramaian pada siang hari.

Dari 45 warga yang ikut vaksinasi, sembilan orang divaksin dengan menggunakan vaksin Sinovac untuk tahap II. Sedangkan yang menggunakan vaksin Astrazeneca sebanyak 25 orang yang terdiri dari vaksin tahap I sebanyak 15 orang dan tahap II delapan orang serta tahap III dua orang

Baca Juga: Kolatlena Minta Pemda Serius Tangani Bencana Banjir SBT

“Untuk yang menggunakan vaksin Pfizer, sebanyak 11 orang terdiri dari tahap I sebanyak tiga orang dan tahap II  lima  orang serta tahap lll tiga orang. Jadi keseluruhan 45 orang itu untuk tahap I, 18 orang, tahap ll  22  orang dan tahap lll  5  orang,” rincinya.

Selain di Puksemas Namlea, hal yang sama juga berlangsung di Puskesmas Elfule dan di ruang SDN 16 Desa Oki Lama, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan.

Dimana sebanyak 48 orang mengikuti screning dan dinyatakan memenuhi syarat untuk divaksinasi.

Ke-48 warga Bursel ini divaksinasi dengan vaksin Sinovac serta vaksin Pfizer, dimana 26 orang baru menjalani vaksinasi tahap I dan 19 orang untuk tahap II serta 4 orang tahap III.

“Kesadaran masyarakat sudah bagus, saat ini banyak yang suka rela mendatangi fasilitas kesehatan untuk minta divaksin,” puji Pasiter Kodim Namlea, Kapten M Haris Tumenggung. (S-15)