AMBON, Siwalimanews – Setelah Rektor Unpatti dan Rektor IAIN Zainal Abidin Rahawarin serta Abraham Pakel mendaftarkan diri sebagai calon Penjabat Gubernur Maluku, kini gliliran mantan Wakil Walikota Ambon Olivia Latuconsina yang mendaftarkan diri ke Panita Kerja Penjaringan.

Kedatangan Olivia di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (22/11), diterima Sekretaris Panja Turaya Samal didampingi anggota Panja Mu’min Refra.

Kepada wartawan usai mendaftarkan diri Olivia menjelaskan, niatnya untuk mendaftarkan diri dalam seleksi penjabat gubernur, karena merasa terpanggil membangun Maluku.

Dijelaskan, penjabat gubernur merupakan ruang yang diberikan negara kepada setiap warga negara tanpa terkecuali, perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk berproses dalam ajang seleksi penjabat gubernur.

“Saya bisa berani daftar karena sesuai Permendagri Nomor 4 tahun 2023 bahwa calon Penjabat Gubernur adalah ASN atau pejabat ASN jabatan pejabat tinggi madya itu juga melekat pada saya sebagai Wakil Ketua Komnas Perempuan yang berada dibawa Komnas HAM,” ujar Olivia.

Baca Juga: 1.756 Pelamar Rebut 830 Kouta PPPK di Aru

Selain itu kata Olivia, dari aspek pengalaman pemerintahan, ia juga sebagai mantan Wakil Walikota Ambon, sehingga dirinya memiliki pengalaman birokrasi sesuai syarat Permendagri. Bahkan Olivia optimis menjadi satu dari tiga nama yang akan diusulkan DPRD ke Mendagri, sebab kepemimpinan perempuan harus menjadi pertimbangan DPRD juga.

“Saya berharap, DPRD dapat melihat bahwa kepemimpinan perempuan harus diberikan ruang, sebab sampai kapanpun kita tidak bisa mengelak bahwa ruang publik dengan dinamika kerja bukan hanya cocok untuk laki-laki, sehingga perempuan harus tampil di ruang publik manapun sesuai kapasitas dan kredibilitas,” tegasnya.(S-20)