AMBON, Siwalimanews – New Zealand-Maluku Access to Renewable Energy Support mendorong penggunaan energi baru terbarukan guna mengurangi dampak pemanasan global di Maluku.

“Pemerintah terus mendorong pengguna energi baru terbarukan, terang  Program Manajer NZMATES, Safitri Y Baharuddin saat sosialisasi program PLTS di salah satu hotel di Ambon, Selasa (6/6).

Ia menjelaskan gerakan sejuta PLTS Atap untuk gedung pemerintah, rumah tangga hingga industri sebagai salah satu strategi masif yang diharapakan dapat mendorong target 23 persen bauran energi baru terbarukan.

“Tahun 2022 pemerintah telah memberikan insentif menarik bagi masyarakat yang ingin memasang PLTS Atap,” katanya.

Dijelaskan, kerja sama pemerintah bersama United Nations Development Programme Indonesia melalui proyek market Transformation for Renewable Energy and Energy Efficiency Though Design and Implementation of  Appropriate Miigation Actions in Energy Sector (MTRE3) melaksanakan program hibah Sustainable Energy Fund untuk insentif PLTS Atap.

Lanjutnya, untuk Maluku program PLTS Atap dimana Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE telah memasang PLTS Atap pada enam gedung instansi pemerintah.

“Sudah dipasang di Dinas ESDM, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kesehatan, BPSDM Provinsi, Dinas Kehutanan dan Dinas Parawisata,” terangnya.

Tahun 2022, lanjutnya Maluku juga mendapatkan dua jatah lokasi yang akan dipasang PLTS Atap oleh Kementerian ESDM diantaranya Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Program NZMATES sebagaimana tujuan programnya yaitu mendukung penyerapan energi yang terjangkau, andal dan terbarukan di Maluku.

Selain itu sejak 2018, NZMATES bersama Bappeda, Dinas ESDM, PLN Unit Induk, serta instansi pendidikan telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperkuat kapasitas dibidang energi baru terbarukan, penyusunan rencana umum energi daerah di Maluku, studi kelayakan PLTS, panduan manajemen aset dan dekomisioning PLTS serta berbagai kegiatan lainnya.(S-20)