TIAKUR, Siwalimanews – Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach meminta kepada seluruh OPD untuk segera menyelesaikan laporan pengelolaan keuangan tahun anggaran 2023.

“Pelaporan keuangan pemda harus sudah selesai akhir bulan ini, sehingga pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dapat terlaksana,” tegas noach saat syukuran perayaan Natal Dan Tahun Baru serta ibadah buka kerja tahun 2024 yang dilaksanakan di Gereja Eliora, Jemaat GPM Tiakur, kemarin.

Bupati Noach mengaku laporan keuangan pemda telah empat kali berturut-turut mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

“Tahun 2024 haruslah lebih baik dari sebelumnya dan pemda harus mendapatkan opini yang sama,” tegas Noach.

Untuk itu, anggaran pendapatan daerah dapat bertambah melalui insentif WTP lima tahun berturut-turut.

Baca Juga: Cairkan TPP, ASN Pemkot Wajib Bayar Iuran Sampah

Besaran insentif lima tahun berturut-turut menurutnya lebih besar dari insentif WTP tahun-tahun sebelumnya.

Maka dari itu pada kesempatan itu, ia mengajak semua pihak melihat kembali apa yang telah dilakukan pada tahun 2023.

Menurutnya masih terdapat tantangan dan kendala yang belum sempat diselesaikan tetapi banyak yang telah dilakukan dan dihasilkan sepanjang kemarin.

“Banyak prestasi yang kita raih, itu semua karena kerja sama seluruh ASN bersama rakyat serta bergandeng tangan bersama instansi vertikal, TNI Polri dan kejaksaan, Sehingga bisa dapat capaian yang baik pada tahun 2023,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Noach mengatakan didalam birokrasi tidak ada kata menindas yang ada hanya perintah.

“Perintahnya turun dan laporannya harus kembali,” katanya.

Mengutip refleksi ibadah, ia bupati berharap ASN haruslah melayani seperti pelayanan kepada Tuhan.

Tanggung jawab dan tugas yang diemban adalah beban yang diper­-cayakan Tuhan untuk dilaksanakan dengan baik dan berdampak nyata bagi kemajuan daerah.

“Kita laksanakan tugas kalau itu penuh dengan tanggung jawab, saya percaya bahwa jalan pasti terbuka. Kita merasa bahwa jabatan, tanggung jawab yang kita miliki bukan hanya semata-mata berkat Tuhan, tetapi lebih dari itu tanggung jawab yang sudah dibebankan diatas pundak kita,” ungkapnya.

Menyongsong Pemilu serentak yang akan digelar pada bulan Februari nanti, ia mengajak ASN untuk bertanggung jawab menjaga keamanan, ketertiban, dan kekeluargaan.

“ASN menjadi contoh dan corong serta siap menyalurkan hak politiknya dengan bebas sesuai pilihan tanpa paksaan sehingga tidak terjadi perpecahan atau benturan di tengah masyarakat,” ingatnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran forkopimda yang selama ini menopang dan membantu pemerintah daerah dalam pelayanan tugas kenegaraan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Di tahun 2024 ini, ia berharap selalu bergandengan tangan dan saling menopang untuk bangun MBD lebih baik lagi.

Sebelumnya ibadah Perayaan Natal dan Tahun Baru Pemkab MBD dipimpin oleh Sekretaris Klasis GPM Pulau-pulau Leti-Moa-Lakor, pendeta R. Hitipeuw.

Dalam refleksinya dengan mempedomani bacaan Firman Tuhan, Amsal 3 : 1-8, mengingatkan agar seluruh ASN dalam bekerja haruslah takut akan Tuhan, setia kepada pelayanan, rendah hati dan selalu bersandar pada Tuhan dalam seluruh pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Sehingga ASN dapat mewujudkan jati diri sebagai pelayan yang mampu mewujudkan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Kerjakanlah tanggung jawab dan pelayanan kita sesuai dengan Tuhan punya kehendak. Beta (saya) yakin Tuhan akan meluruskan jalan-jalan kita dan pada waktunya. Tuhan akan memberikan apa yang kita gumuli selama ini,” tutur Hitipeuw dalam refleksinya.

Turut hadir dalam kegiatan ini  Ketua Tim penggerak PKK Rely Noach, Wakil Bupati Agustinus Kilikily, perwakilan Kajari MBD, perwakilan kapolres MBD, perwakilan Dandim 1511 Pulau Moa, Danki Brimob, Pabung TNI-AU, Pabung TNI-AL, Pastor Paroki Moa, Kepala Kantor Agama, serta Pimpinan bersama staf BUMN/BUMD. (S-28)