Bupati Benyamin Thomas Noach, ST mengukuhkan 22 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Maluku Barat Daya di Ruang Serbaguna, Kota Tiakur, Selasa (15/8).

Paskibra akan bertugas dalam pengibaran Bendera Merah Putih dalam upacara memperingati hari ulang tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dipusatkan di Lapangan Kalwedo, Kota Tiakur di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Pengukuhan Paskibra serta pengambilan sumpah dan janji yang dilakukan oleh Bupati MBD disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Drs. Agustinus Kilikily, M.Si, Ketua DPRD Petrus A. Tunay, Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa, Kapolres AKBP. Pulung Wietono, Kajari Bambang R. Hartoko.

Hadir juga Penjabat Sekda Obed H Y. Kuara, S.Sos, M.Si, para asisten, staf ahli, pimpinan OPD Lingkup di Pemerintah Kabupaten MBD serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan pengukuhan merupakan makna simbolis yakni sebagai pewaris estafet kepemimpinan dan pelestarian nilai-nilai semangat perjuangan bangsa kepada generasi muda.

Baca Juga: Bupati: Pentingnya Menjaga Persatuan Dan Kesatuan

“Sebagai anggota Paskibra, patutlah adik-adik bersyukur dan berbangga. Karena untuk menjadi anggota Paskibra tidaklah mudah,” terang Noach.

Seorang anggota Paskibra menurutnya harus melalui seleksi, dilatih dan ditempa, untuk kemudian dipercaya mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih pada upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Bupati Noach juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh orang tua anggota Paskibra, yang telah merelakan anak-anaknya untuk ikut berkorban bagi daerah ini.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada para pelatih dan panitia atas segala jerih payah serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik MBD ini untuk menjadi anggota Paskibra.

“Semoga proses pendidikan dan pelatihan ini dapat dijadikan pembelajaran untuk lebih baik lagi kedepan sehingga jiwa kepemimpinan dan semangat bela negara yang ditanamkan selama proses pelatihan, terpatri dan teraktakan dalam kehidupan keseharian” ucap bupati di akhir sambutannya. (Mg-2)