AMBON, Siwalimanews – Kebakaran hebat terjadi di kawasan Asmil Batu Me­rah Dalam Ambon, Sabtu (14/9) pagi.

Sebanyak empat unit ru­mah warga ludes terbakar pada peristiwa yang terjadi pukul 06.45 WIT itu, dan dua penghuni rumah, Ne­nek Ima Sanudji (71) dan cucunya Sari Sanudji (22) tewas terpanggang api.

Rumah warga yang ter­bakar masing-masing milik Aba Sehan Sabban, Nenek Lin, Ibu Ica dan keluarga Sanudji.

Aba Sehan Sabban kepada Siwa­lima di lokasi kejadian mengatakan, saat baru pulang berjualan dari pasar Mardika sekitar pukul 06.00 WIT, tiba-tiba ia mendengar suara teriakan, kalau ada percikan api di atas lantai 2 rumahnya.

Karena panik, Aba Sehan berge­gas menuju ke lantai II untuk mem­ba­ngunkan istri, anak-anak, dan me­nantunya untuk segera keluar ru­mah.

Baca Juga: Walikota: Reformasi Birokrasi Harus Mampu Melayani Publik

Angin yang kencang, kata Sabban membuat api dengan cepat meng­ha­nguskan rumahnya, bahkan men­jalar hingga ke rumah keluarga lain­nya.

“Ketika pulang dari pasar saya sempat duduk sebentar sambil minum kopi di teras rumah. Namun tiba-tiba terdengar suara yang berte­riak kalau ada kebakaran di lantai 2 rumah. Saya berlari untuk memba­ngun­kan keluarga saya yang kebe­tulan masih berada di atas, setelah sampai di bawah kami hanya bisa pasrah melihat rumah kami terbakar,” jelasnya.

Warga sekitar sempat membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun karena angin ken­cang, sehingga api menjalar dengan cepat menghabiskan empat rumah.

Sekitar pukul 06.55 WIT, 7 unit mobil pemadam kebakaran Pemkot Ambon tiba di lokasi dan membantu memadamkan api.

Angin kencang membuat petugas pemadam kebakaran kewalahan. Namun mereka terus berupaya, se­hingga sekitar pukul 07.00 WIT api berhasil dipadamkan.

Setelah api dipadamkan, petugas pemadam dibantu warga mencari korban, dan sekitar pukul 09.00 Wit kedua korban berhasil ditemukan dalam keadaan hangus terbakar.

Selamatkan

Salah satu kerabat korban keluar­ga Sanudji, Ucok menuturkan, dalam rumah yang didiami keluarga Sa­nudji, terdapat kurang lebih 7 orang, termasuk kedua korban Nenek Ima dan cucunya Sari.

Awalnya saat terjadi kebakaran, korban Sari Sanudji sudah berhasil keluar bersama ibu dan keluarganya yang lain. Namun karena teringat Neneknya Ima yang menggunakan kursi roda, Sari nekat masuk mene­robos kobaran api untuk menye­la­matkan neneknya.

Namun keduanya terjebak di da­lam dapur dan tak bisa keluar. Aki­batnya korban yang bekerja di salah satu counter HP di Ambon Plaza ini, ikut terbakar bersama sang nenek.

“Korban sempat keluar, namun karena kasihan melihat neneknya masih di dalam makanya ia berupaya menyelematkan neneknya,” tutur Ucok.

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP Julkisno Kaisupy yang di­konfirmasi membenarkan, terjadi kebakaran di Asmil Batu Merah Da­lam yang menghanguskan empat ru­mah dan dua orang meninggal dunia.

“Benar telah terjadi kebakaran di Asmil Batu Merah Dalam, akibat kejadian itu empat unit rumah dua orang meninggal dunia,” katanya.

Kebakaran tersebut menurut Julkisno, diakibatkan arus pendek listrik. “Jadi untuk sementara diduga kebakaran itu akibat arus pendek listrik atau korsleting. Utuk saat ini di lokasi kebakaran telah pasang police line,” jelasnya. (S-49)