AMBON, Siwalimanews – Tak kuat menan­jak, angkot jurusan kebun cengkeh ter­balik, satu penum­pang tewas di tempat kejadian perkara (T­KP) Minggu (15/9).  Kejadian laka lantas di Jalan Ahuru yang mema­kan korban ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIT saat angkot de­ngan nomor polisi DE 1814 MU yang dike­mu­dikan Haris Tapi­rawan (35) melaju hen­dak ke arah Ke­bun Cengkeh. Na­mun ke­ti­ka menaiki tanjakan Sumatera, angkot tak kuat dan akhirnya ter­balik.

Kasat Lantas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Fiat Ari Suhada, kepada Siwalima menje­laskan, angkot memuat 11 penum­pang itu tidak kuat menaiki tanjakan dan langsung mengalami mati mesin sehingga tiba-tiba mundur kemu­dian terbalik.

Akibatnya, salah satu penumpang yang bernama La Janu (44), warga Kampung Kolam tewas di TKP. Ke­jadiannya terjadi di jalan raya Kam­pung Kolam, Ahuru, RT 05/RW16, Desa Batu Merah Kecamatan Siri­mau Kota Ambon pada Minggu (10/9) sekitar pukul 10.30 WIT.

Suhada mengatakan, kecelakaan ini merupakan kecelakaan tungal dan penyebab terjadinya kecela­ka­an tunggal tersebut dikarenakan mobil angkot tidak kuat menanjak pada Tanjakan Lorong Sumatera.

“Angkot bergerak dari arah Kam­pung Kolam Ahuru hendak menuju kearah Kebun Cengkeh dengan me­lintasi Tanjakan Lorong Suma­tera. Saat mobil sementara di tanjakan, angkot tidak mampu melewati tan­jakan sehingga mesin langsung mati dan mobil bergerak mundur kemu­dian terbalik sebanyak dua kali. Kor­ban tewas ini terpental keluar dan tubuh­nya tertindis mobil sehingga langsung meninggal diTKP,” jelas­nya.

Baca Juga: Pembina Jalasenastri Tatap Muka dengan Anggota Korcab

Ditambahkan, selain korban me­ninggal, tiga penumpang yang meng­alami luka ringan termasuk supir angkot. Korban luka masing masing Ania (36), Sri Maelani dan Haris Tapirawan (35). Para korban kini sementara mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhayangkata, Tantui Ambon. (S-27)