BULA, Siwalimanews – Seorang nelayan bernama Hariyanto (40), warga Pantai Pos, Desa Bula, Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur dikabarkan hilang kontak saat melaut bersama dengan dua rekannya.

Informasi yang berhasil dihimpun Siwalima di Bula sekitar pukul 19-00 WIT, korban bersama dengan dua rekannya masing-masing dengan menggunakan longboat yang berbeda- beda saat pergi melaut sekitar pukul 04.00 WIT dini hari tadi. Sedangkan Hariyanto belum kembali sekitar pukul 18-00 WIT sementara dua rekannya itu sudah kembali ke daratan.

Lantaran tidak diketahui keberadaan Hariyanto, rekannya yang turut melaut bersama, Rau Odeng (29) langsung melaporkan ke Pos Pol Air. Berselang beberapa menit kemudian mereka mendatangi keluarga korban.

Komandan Kapal Patroli XVI-1007 Dit Polairud Polda Maluku Pos Sandar Seram Bagian Timur, Bripka Mohammad Ridwan Mahu saat di konfirmasi Siwalima, Senin (31/7) malam mengungkapkan, pihaknya telah merespon dan mendatangi rumah korban sekali­gus mencari  Informasi terkait kor­-ban yang hilang kontak tersebut.

“Setelah kami mendapatkan laporan Insya Allah besok kami melakukan koordinasi bersama dengan instansi terkait guna untuk melakukan proses pencarian bagi korban,” ungkap Mahu.

Baca Juga: Johan: Pembagian Bendera Bentuk Bela Negara

Dijelaskan, jarak tempuh dari Bula dengan lokasi pencarian para nelayan kurang lebih 30 kilo atau 18 sampai 20 mil sehingga 2×24 jam sudah pasti kembali. Namun apabila cuaca-buruk itu mungkin mereka berlindung di rompong- rompong lain namun pihaknya belum mendapatkan informasi.

“Mereka biasa kalau mau pulang itu bersamaan, namun karena korban menggunakan mesin 40 PK teman mesin 15 PK ini, sehingga biasanya beriringan. Dan kadang-kadang juga yang ada mesin 15 PK ini duluan, karena takut dilewati namun sampai hari ini  korban juga belum tiba,” terangnya.

Kata Mahu, korban belum sampai 24 jam karena kejadian pukul 04.00 WIT mereka keluar sampai saat ini juga belum tiba di daratan jadi belum sampai satu hari korban sendiri dengan Long­-boat. “Nanti proses pencarian kami akan sampaikan lagi,” tandasnya.

Akhirnya Ditemukan

Setelah melakukan pencarian, akhirnya Hariyanto yang dikabarkan hilang itu ditemukan.

Ia berhasil ditemukan, sekitar pukul 11.10 WIT dan KP. 1007 bersama Kasat Polair dan Kepala BPBD setempat bergegas ke rumah korban guna memastikan kebenaran informasi tersebut.

“Benar korban telah ditemukan oleh nelayan Desa Akibobo Kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur kurang lebih  20 NM dari Pulau Banggoi sekitar koordinat 2°44. 442′ S -130° 17.941′ E,” Jelas  Komandan Kapal Patroli XVI-1007 Dit Polairud Polda Maluku Pos Sandar Seram Bagian Timur, Bripka Mohammad Ridwan Mahu kepada Siwalima, melalui pesan WhAtshap di Bula. Selasa (1/8).

Pelaksana Tugas  Kepala BPBD Kabupaten Seram Bagian Timur Bahrun Weul Artafela di sela- sela itu mengungkapkan, saat ditemukan kondisi fisik korban masih stabil. Dia mengapung diatas longboat yang ditumpangi itu karena mesin longboat tersebut mengalami kerusakan.

“Alhamdulillah korban sudah berhasil ditemukan. Meski kondisi fisiknya stabil, kami sudah berkoordinasi dengan petugas medis agar kembali memeriksa dan memastikan kondisinya,” ungkap Artafela kepada sejumlah warta­wan di Bula Selasa (1/8). (S-27)