Mutiara Asal Papua Buat Decak Kagum Warga Ambon

Ambon – Ibarat pepatah Mutiara Tetaplah Mutiara dan Selalu memancarkan Sinarnya, itulah mayoret hingga pe­main bass pada drum band Pela Gan­dong Pattimura, Sertu (K) Mag­dale­na Agaki Abituren dan Sertu (K) Sofi yang merupakan putri asal Papua.

Kedua putri asal Papua ini mem­buat decak kagum warga Kota Ambon pada perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Lapangan Merdeka pada 17 Agustus kemarin. Tak Hanya mengharumkan nama satuan, namun juga daerah asalnya Papua, bahkan keduanya juga per­nah mengharumkan nama bangsa ini karena pernah menjadi pasukan perdamaian di luar negeri.

“Dengan bergerak lincah dan ge­sit mayoret asal Papua Sertu (K) Mag­dalenna dengan stik jamaster­nya saat memimpin drum band Pela Gandong di Lapangan Merdeka Am­bon yang suaranya membahana di seantero jagat kota itu,” tutur pihak Pendam dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, Jumat (23/8),

Menurut pihak pendam, selain Sertu (K) Magdalenna juga terdapat Sertu (K) Sofi sebagai penabuh bass drum yang dengan perkasanya membawa alat tersebut kesana kemari berlari lincah, gesit dan kuat, maka drumband Pela Gandong pun bergerak bagai gemuruh yang membahana sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan para prajurit.

Papua tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, prestasi putra-putri Papua  tak hanya tingkat lokal, tapi juga hingga tingkat dunia, salah satunya adalah sosok Prajurit Korps Wanita (Kowad) Sertu (K) Sofi yang sehari-hari menjabat sebagai Ba­reskrimtipidsus 1 Unit Idiktipsus Kesatuan Pomdam XVI/Pattimura  juga pernah dipercaya tergabung dalam Satgas Indobatt-03 Batalyon Komposit TNI Kontingen Garuda XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) Tahun 2017.

Tidak hanya Sertu (K) Sofi, sejum­lah putri asal Papua yang berdinas di Kodam XVI/Pattimura juga turut menyumbangkan prestasinya dan berhasil mengharumkan nama satuan. Kodam XVI/Pattimura patut berbangga, prajurit Kowad asal Papua yaitu Sertu (K) Magdalena Agaki Abituren Bintara PK 21 (Turmintakah Urminu Siminudos­pers) Kesatuan Ajendam XVI/Patti­mura didaulat menjadi seorang Pena­tarama Drumband Pela Gandong Kodam XVI/Pattimura.

Menjadi seorang, mayoret wanita tidaklah mudah, perjuangan yang dilakukan, karena seleksi yang dile­wati juga sangat ketat. Selain itu, Kowad kelahiran Nabire 11 Februari 1993 tersebut pernah menyabet jua­ra dua pada Kejuarnas Yongmodo Piala Kasad Cup VIII tahun 2018 di Bali pada kategori wanita kelas -65 Kg.

Selain itu, ada juga Sertu (K) Iin Cahyati Djalali Abituren Bintara PK 21 jabatan Bajahril Urpeslog si Tuud  Kesatuan Kumdam XVI/Pattimura yang saat ini bertugas di luar negeri dan tergabung di Satgas Yonmek TNI Konga XXIII’M Unifil tahun 2019.

“Semoga saja hal ini jadi pemacu semangat para kaum wanita di selu­ruh  Indonesia khususnya di daerah Maluku, bahwa seorang wanita mam­pu bersaing di berbagai kegia­tan dan tidak kalah dengan para pria,” harap pihak Pendam.(S-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *