AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury memberikan warning atau peringatan kepada pihak Pertamina untuk segera menuntaskan masalah kelangkaan minyak tanah.

Peringatan ini disampaikan Wattimury kepada Siwalimanews di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (10/8) merespon keluhan masyarakat, terkait kelangkaan minyak tanah yang terjadi beberapa pekan ini. Bahkan, kelangkaan, bukan saja terjadi di Kota Ambon, tetapi telah meluas hampir di seluruh Maluku.

Untuk itu, Pertamina tidak boleh membiarkan kelangkaan ini terus terjadi tanpa ada solusi yang pasti guna mengatasinya.

“Kelangkaan minyak tanah bukan saja terjadi di Kota Ambon, tapi beberapa kabupaten/kota lain juga, untuk itu, Pertamina harus lakukan evaluasi, agar kelangkaan seperti ini  tidak terjadi,” tegas Wattimury.

Menurutnya, dalam beberapa waktu kedepan, masyarakat akan memasuki hari-hari penting, baik nasional maupun keagamaan, dengan kegiatan yang cukup banyak akan berdampak pada konsumen minyak tanah juga.

Baca Juga: Jelang Akhir Jabatan Bupati Malteng, Masalah Kariu tak Kunjung Tuntas

Apalagi, minyak tanah adalah kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat, terutama di pedesaan, sebab sampai saat ini aktivitas konsumsi masih mengutamakan minyak tanah. Kelangkaan ini, bila dibiarkan terus-menerus akan berdampak lebih luas, dan mengganggu usaha masyarakat ditengah kondisi yang semakin sulit pasca pandemi Covid-19.

“Pokoknya kelangkaan minyak tanah ini harus segera diatasi, sehingga bisa mendapatkan solusi,” tandasnya.

Wattimury berjanji akan memerintahkan Komisi II DPRD untuk segera memanggil pihak Pertamina, guna mendapatkan penjelasan yang akurat, terkait dengan kelangkaan minyak tanah yang terjadi di Maluku belakangan ini.(S-20)