AMBON, Siwalimanews – Ruas jalan Ambon Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe mengalami kerusakaan. Mirisnya proses perbaikan terse­but oleh Dinas Peker­jaan Umum dan Peru­mahan Rakyat Maluku hanya melakukan tambal sulam.

Dinas PUPR beralibi minimnya anggaran pe­meliharaan infrastruk­tur jalan menyebabkan ruas jalan Ambon me­nuju Latuhalat hanya tambal sulam.

Demikian diungkap­kan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Maluku, Ati Tuanaya kepada warta­wan di gedung DPRD, Senin (25/9).

Tuanaya mengakui, bila ruas jalan Ambon menuju Latuhalat telah mengalami kerusakan pada beberapa segmen yang harus dilakukan penanganan berupa pemeliharaan rutin oleh dinas.

“Ruas jalan kita itu hanya Ambon me­nuju Latuhalat sedangkan untuk akses masuk ke paralayang secara tegas merupakan kewenangan Peme­rintah Kota Ambon,”ujar Tuanaya.

Baca Juga: Bupati Ajak Media Bangun Perspektif Positif

Menurutnya, Dinas PUPR Maluku dapat mengintervensi jika ada kebijakan dari pimpinan guna men­du­kung event kejurnas Paralayang yang akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Terkait dengan paket pekerjaan pe­meliharaan rutin tersebut, Tua­naya memastikan jika pihaknya telah menyediakan anggaran sebesar 150 juta rupiah.

Anggaran tersebut diperuntukkan untuk pekerjaan tambal sulam artinya hanya dilakukan perbaikan terhadap jalan yang telah berlubang

“150 juta rupiah itu hanya untuk Ambon-Latuhalat khusus yang lubang-lubang saja yang kita mak­simalkan, sedangkan untuk sampai ke Paralayang menurut penjelasan Kadis PUPR Kota Ambon akan ditangani dengan anggaran BTT,”  katanya. (S-20)