AMBON, Siwalimanews – Perkuat sinergitas, Kapolda Ma­luku Irjen Baharudin Djafar mela­kukan kun­jungan ke Kantor Ombudsman Perwa­kilan Maluku, Rabu (15/7).

Dalam kunjungan itu, kapolda didam­pingi, Irwasda, Direskrimum dan Kabid Propam Polda Maluku. Rombo­ngan pol­da ini disambut oleh Kepala Per­wakilan Ombudsman Maluku Hasan Slamat.

Kapolda mengatakan, tujuan pihak­nya berkunjung ke Ombudsman untuk melanjutkan apa yang pernah dibicara­kan bersama.

“Dengan adanya pembahasan ini juga kami bisa bersama-sama mena­ngani apa yang menjadi keluhan masyarakat dan menjelaskan serta menyelesaikan pelayaan publik yang benar-benar cacat, dengan apa yang menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Kapolda mengaku, dirinya mem­butuhkan ikatan kerja sama yang jujur dan kompak bersama Ombudsman yang diharapkan, menjadi pe­doman yang baik untuk masyarakat. “Kita mau dalam pelayanan ber­sih, sehingga mayarakat mersakan bahwa kita benar-benar ada dan melayani apa yang menjadi keluhan masyarakat,” ucap kapolda.

Baca Juga: Brimob Maluku Sterilkan RS AL Fatah dan GPM

Menurutnya, jika memang ada pe­nun­daan dalam pelaporan masya­ra­kat yang belum diselesaikan dari be­berapa tahun lalu sampai saat ini, ber­sama Ombudsman dengan jajaran kepolisian ini semua bisa tersele­sai­kan dengan baik dan transpa­ransi. “Kami jelaskan juga kepada Ombudsman, kalau dalam jangka waktu 16 hari tidak ada permasalahan yang selesai sesuai apa yang kita bahas, maka polda sendiri yang akan tindaklanjuti untuk pe­nyelesaian lebih lanjut,” tandas kapolda.

Ditempat yang sama, Kepala Per­wakilan Ombudsman Provinsi Ma­luku, Hasan Slamat mengaku, tersan­jung de­ngan kedatangan kapolda dan rombongan beserta jajarannya di Kan­tor Perwakilan Ombudsman Maluku.

“Dalam sejarah berdirinya orga­nisasi Ombudsman di Maluku, kami  baru temui ada sosok kapolda yang datang berkun­jung ke kantor kami seperti hari ini (kemarin-red), yang dilakukan Irjen Baharudin Djafar,” tandas Hasan.

Slamat mengharapkan, dengan adanya kunjungan kapolda dan rombongan ke Ombusdman Maluku, maka hubungan kedua institusi ini dapat berjalan dengan baik dalam semua kegiatan kerja.

Pihak Ombusdman juga mengap­re­siasi langkah dan kerja nyata Ka­polda Maluku ber­sama jajarannya, dengan membentuk pelayanan bagi masya­rakat dengan ada­nya situasi pandemi Covid-19, hingga ban­sos. “Kami dari Ombudsman juga akan te­rus memantau pelaksanaan kinerja Polri dalam hal ini pelayanan kepada masyara­kat, serta tanggapan publik. Kami juga ber­terima kasih juga untuk pelayanan Ba­bin­kamtibmas yang banyak perubahan untuk melayani masyarakat,” tutur Hasan. (S-32)