AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Hendrik Lewerissa mendorong hilirisasi terhadap sektor perikanan di Indonesia.

Dorongan ini disampaikan HL, sapaan akrab Lewerissa dalam rapat kerja Komisi VI DPR RI bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadahlia, Senin (2/4).

Kebijakan hilirisasi disektor pertambangan yang dilakukan oleh Pemerintahan Jokowi lanjut HL, telah berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Namun, seyogianya kedepan sudah harus ada kebijakan yang tidak saja berpusat pada hilirisasi sektor pertambangan namun dapat memperluas pada sektor lain termasuk perikanan.

“Sebagai wakil dari daerah yang banyak pulau dengan laut yang luas, terus terang saya sering kali dibebani dengan pertanyaan kapan hilirisasi sektor perikanan di lakukan,” ungkap Lewerissa.

Baca Juga: Gara-gara Ngutang, Aleg PKB Ini Diaduin ke BK dan Partainya

Publik Maluku kata Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku ini, sangat mengharapkan adanya kebijakan hilirisasi pada sektor perikanan mengingat begitu banyak potensi perikanan yang belum terkelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kalau di pemerintahan Jokowi kita memberikan apresiasi karena berani melakukan hilirisasi sektor pertambangan, kami berharap kebijakan hilirisasi mengekspansi sektor lain dalam konteks Maluku itu sektor perikanan,” tegas HL

HL meyakini jika hilirisasi sektor perikanan dilakukan maka akan ada banyak manfaat yang dirasakan negara secara umum terutama untuk daerah yang memiliki potensi perikanan besar seperti Maluku.(S-20)