AMBON, Siwalimanews – Meluasnya pandemi Covid-19 di Indonesia, membuat berbagai pihak tergerak memberikan sejumlah bantuan untuk percepatan penanganan pandemi ini.

Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Mercy Chriesty Barends pun ikut andil untuk membantu basudaranya di Maluku, terutama para dokter dan tenaga medis yang bertugas di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di Maluku.

Bantuan berupa Alat pelindung Diri (APD) tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Rumah Aspirasi Mercy Chriesty Barends (RA-MCB) Victor H. Soukotta kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Maluku dan diterima oleh Ketua Harian GTPP Maluku, Kasrul Selang, di lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Jumat (15/5).

Bantuan APD yang diserahkan berupa baju Hazmat sebanyak 100 pcs warna putih, non Wofen Polypropylene 75 gr, sarung tangan medis 100 dus, 5 ribu masker medis serta Face Shield atau kacamata medis sebanyak 100 buah.

Mercy Barends dalam live streamingnya menyatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud kepeduliannya, terhadap para dokter dan tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan optimal kepada para pasien yang terpapar COVID-19 di Maluku

Baca Juga: Dishub Aru bagi Masker ke Pengemudi Angkot

Dia berharap bantuan tersebut dapat dapat bermanfaat untuk melindungi para dokter dan tenaga medis, saat bertugas melayani para pasien di tiga rumah sakit rujukan yang ada di Kota Ambon yakni RSUD dr. M. Haulussy, Rumah Sakit Tentara (RST) dr. J.A. Latumeten Ambon, serta Rumkital FX. Suhardjo Lantamal XI Ambon.

“Jangan dilihat dari jumlahnya, karena tentu tidak seberapa. Tetapi ini wujud kepedulian saya dan keluarga, untuk membantu dan melindungi para dokter dan tenaga medis yang bekerja di garda terdepan. Semoga mereka dihindari dari kemungkinan terpapar COVID-19,” ujarnya.

Saat ini Kata Mercy, semua orang terpanggil bahu-membahu menanggulangi Covid-19, dan kehadiran Rumah Aspirasi MCB diharapkan dapat menjadi tulang punggung dalam perjuangan ini.

Ia bersama pimpinan dan angota Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI, terus bergandengan tangan untuk mengupayakan berbagai bantuan yang dapat disalurkan, guna membantu meringankan beban dan tanggungjawab yang dipikul Pemprov Maluku dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Maluku.

Ketua Harian GTPP Covid-19 Maluku, Kasrul Selang dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian Mercy Barends dalam membantu pemda, terutama melindungi para tenaga medis yang bertugas di garda terdepan.

“Dalam situasi saat ini, kami harus jujur menyatakan, bahwa pemda masih memerlukan banyak bantuan dan uluran tangan berbagai komponen masyarakat, untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus ini,” tandasnya.

Kasrul yang didampingi Direktur RSUD Haulussy Ambon, dr. Rita Tahittu, Direktur RST dr. J.A. Latumeten Ambon Letkol Ckm Dr. Machmud Yunus dan Kepala Rumkital dr. FX. Suhardjo Mayor Laut (K) dr. Satrio Sugiharto mengaku, para dokter dan tenaga medis yang bertugas di rumah sakit rujukan, sangat rentan terinveksi virus COVID-19, sehingga perlu dilengkapi dengan APD yang memadai serta sesuai standar dan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Mercy Barends juga telah menyalurkan bantuan tahan pertama berupa lima ton beras dan 2 ribu masker kain melalui tim RA-MCB, kepada warga yang terdampak dan benar-benar membutuhkan, di Kota Ambon, maupun kepada kelompok pekerja harian lepas seperti sopir angkot, tukang ojek, pengayuh becak, juru parkir, penyapu jalan, penjual bensin dan papalele disamping melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi. (S-39)