AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Kota Ambon Julius Toisutta memberikan apresiasi bagi Dinas Kesehatan Kota Ambon, karena berhasil melakukan vaksinasi Covid-19 kepada puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sementara dirawat di RSKD.

Menurutnya, program vaksinasi kepada ODGJ ini patut diberikan apresiasi, karena dapat mencegah penyebaran  Covid-19, bagi pasien lainnya di RSKD.

Walaupun demikian, ia minta agar program vaksinasi dapat dilakukan juga kepada ODGJ yang berkeliaran, namun mereka ini harus diperiksa kesehatan serta meminta persetujuan dari keluarganya, sebelum divaksin.

“Kenapa demikian, karena ODGJ yang berkeliaran ini kita tidak tau kesehatannya. Untuk itu harus dperiksa kesehatan mereka, jika dinyatakn sehat, baru dilakukan vaksinasi,” tandas Toisutta kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (15/6).

Mereka yang berkeliaran di jalanan ini juga perlu divaksin, demi mencegah penularan Cobid-19 kepada orang lain yang ada disekitar tempat ODGJ tersebut berkeliaran.

Baca Juga: 30 ODGJ Telah Divaksin

Ia berharap, Dinas Kesehatan dapat melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial maupun RSKD untuk dapat melakukan vakasinasi kepada ODGJ yang berkeliaran, sebab mereka yang berkeliaran ini kebanyakan tidak terkontrol.

“Yang bisa pahami ODGJ dijalanan ini adalah petugas RSKD, sedangkan Dinas Sosial perlu ada, sebab mereka punya tupoksi dalam menanggulangi ODGj di jalanan,” tandasnya. (S-51)