AMBON, Siwalimanews – Menteri Kelautan dan Perika­nan, Edhy Prabowo mendukung Provinsi Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Dukungan Menteri Edhy Prabowo tersebut disampaikan melalui surat yang ditandatanganinya tertanggal 26 Mei 2020, dan disampaikan ke Gubernur Maluku, Murad Ismail. Surat ini merupakan respon menteri atas surat yang diajukan gubernur tanggal 7 April 2020 lalu kepadanya.

Menurut gubernur, Menteri Kelautan dan Perikanan RI menyampaikan apresiasi atas keberpihakan yang kuat dari Pemerintah Provinsi Maluku terhadap pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Maluku

“Alhamdulillah, surat saya untuk meminta dukungan Maluku menjadi LIN ke Menteri Kelautan dan Perikanan sudah dibalas dan mendapat respon yang positif dari Menteri,” jelas gubernur  sebagaimana rilis dari Humas Pemprov Maluku kepada Siwalima, Kamis (28/5).

Menteri dalam surat itu berharap, Maluku sebagai LIN tidak hanya sebagai simbol, namun dapat menunjukkan kontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Maluku, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan devisa Negara dari sector kelautan dan perikanan.

Baca Juga: Gustu Kota Siagakan Posko Pembatasan Gerak Orang

Selain itu, menteri juga menyampaikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mendukung melalui program dan anggaran, baik melalui kegiatan APBN, Dana Alokasi Khusus Kelautan dan Perikanan, maupun dana bergulir dari Badan Layanan Umum– Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan, sebagaimana amanah dalam dalam Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024.

“Dukungan lintas sektor sangat penting, sehingga diperlukan sinergi yang kuat untuk pengembangan potensi sumber­daya kelautan dan perikanan di Maluku,” tulis menteri.

Kata gubernur, dalam RPJMN tahun 2020-2024 pada Bab III dijelaskan, guna mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan, khususnya pada arah dan kebijakan strategis huruf (f) disebutkan bahwa, pengembangan wilayah Maluku diarahkan untuk memacu pertumbuhan dan mengembangkan potensi wilayah serta memantapkan perannya sebagai Lumbung Ikan Nasional.

“Saya minta kepada menteri agar kiranya kebijakan Maluku sebagai LIN dapat segera diimplementasikan,” tandasnya.(S-19)