AMBON, Siwalimanews – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sekuat apapun upaya pemerin­tah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan,” jelas Menkes dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Maluku Kas­rul Selang pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di lapa­ngan apel Dinas Kesehatan Maluku, Kamis (12/11).

Dikatakan, HKN ke-56 merupakan momentum untuk bagi seluruh masyarakat di era pandemi dan mengingat pentingnya kesehatan.

“Jadi saya minta kepada masya­rakat untuk patuhi protokol kese­hatan untuk mewujudkan masyara­kat indonesia yang sehat,” kata Menkes.

Untuk itu, Menkes meminta ke­pada seluruh jajaran kesehatan yang melaksanakan berbagai kegiatan pada rangkaian peringatan HKN tahun ini, agar memperkuat pene­rapan strategi penanganan Covid-19, sebagai wujud dan tekad mas­yarakat Indonesia untuk sehat.

Baca Juga: Bulog Pastikan, Stok Kebutuhan Pokok Aman

Menkes juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tigginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melak­sanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19 dan mewujudkan Indonesia semakin sehat.

“Saya minta kepada semua termasuk lapisan masyarakat, bahu membahu berjuang untuk selamat­kan bangsa dari pandemi Covid,” pintahnya.

Sejalan dengan tema HKN tahun 2020, “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” merupakan upaya bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru. Dan melalui Sub Tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Sela­matkan Bangsa dari Pandemi Covid-19.

Sejalan dengan tema HUT, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam mene­rapkan protokol kesehatan untuk menjaga keterpaparan dari Covid-19,” tandasnya.

Usai dilakukan upacara, dilanjut­kan dengan penyerahan penghar­gaan berupa piagam dan bingkisan kepada 7 (tujuh) orang pensiunan Aparatur Sipil Negara dari Dinas Kesehatan Maluku. (S-39)