AMBON, Siwalimanews – Mengatasi kekeringan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengirim tim survei dari Universitas Pertahanan untuk mencari titik air di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Kebutuhan air baku di Pulau Moa selalu menjadi masalah ketika kemarau panjang. Sumber air menjadi kering dan berdampak pada populasi ternak khususnya Kerbau.

Ketua tim survei dibawa pimpinan Kolonel Czi. Ari Pitoyo Sumarno bersama rombongan diterima Wakil Bupati Agustinus Kilikly di ruang kerjanya kemarin.

Wakil Bupati mengaku kedatangan tim survei dari Unhan merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu di bumi Kalwedo.

Jadi tim akan melakukan survei lapangan menpencairan titik-titik sumber air di Pulau Moa dari tanggal 26-29 September,” terangnya.

Baca Juga: Pengelolaan Udang Belum Tersentuh Dinas Perikanan

Dirinya mengaku masalah kekeringan merupakan masalah yang perlu ditangani serius.

Dengan kehadiran tim survei menjadi sangat penting dalam membantu pemerintah daerah dalam penyediaan sumber air.

“Ini langkah awal untuk mengatasi ketersediaan air, baik untuk ternak maupun masyarakat di Pulau Moa,” katanya.

Dirinya berharap pelaksanaan kegiatan ini diikuti dengan baik oleh semua pihak sehingga bisa menjawab semua kekurangan-kekurangan data yang dimiliki oleh tim.

Ketua tim survei Sumarno pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Pemda MBD atas sambutan yang baik kepada tim survei. Menurutnya sambutan yang diberikan dapat memicu kerja tim agar lebih optimal untuk tugas yang diberikan oleh Menteri Pertahanan.

“Ini merupakan respon cepat dari pak Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Sekembalinya beliau dari Pulau Moa, kami dari Fakultas Teknik Militer dan Fakultas MIPA Militer, langsung dikumpulkan oleh pak Menteri yang intinya merespon keluhan dari masyarakat tentang ketersediaan air di Pulau Moa “ cerita Sumarno.

Dijelaskan bahwa  tim yang dibentuk dari Unhan terbagi menjadi dua yakni tim pertama bertugas di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan satunya lagi di Pulau Moa.

“Saya berharap apa akan kami lakukan kiranya dapat bermanfaat bagi masyarakat di Pulau Moa,” kata Sumarno.

Untuk diketahui salam kegiatan itu juga tim akan melakukan sosialisasi dilanjutkan mendengar masukan dari masing-masing pihak yang hadir.

Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 1511/Pulau Moa, Wakapolres MBD, Kepala Dinas PUTR, Kepala Dinas Perikanan, Perwakilan Bappeda, Perwakilan Kehutanan, Kepala PDAM, Perwakilan Bandara Moa dan Perwakilan BPS. (S-09)