TIAKUR, Siwalimanews – Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memastikan lima tahun telah memberikan banyak perubahan di bidang pendidikan.

Hal ini dikatakan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam amanat yang dibacakan Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, ketika memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Kantor Bupati MBD, Kamis (2/5).

Dijelaskan lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbud Ristek.

“Menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” ungkapnya.

Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Lanjutnya pada awal perjalanan dirinya telah banyak membuat perubahan.

Baca Juga: Noach Harap Banyak Pegawai Mengabdi di MBD

“Ketika langkah kita mulai serempak kita dihadapkan dengan tantangan yang tidak pernah terbayangkan yaitu pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis,” terangnya.

Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dengan bergotong royong.

“Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama. Kini kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi  di sekitar kita. Kita akan bersama-sama dengan langka yang serempak dan serentak,” ujarnya.

Wajah baru dan pendidikan dan kebudayaan Indonesia  menurutnya sedang dibangun bersama dengan gerakan merdeka belajar.

Lima tahun juga, menurutnya, bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar. Namun lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

“Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang kita jalankan harus terus diteruskan sebagai gerakan berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tandasnya.

Diujung sambutan, ia menitipkan program merdeka belajar kepada anda semua para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

Hadir dalam upacara, Pelaksana Tugas Sementara Sekda MDB Daud Reimialy, pimpinan OPD lingkup Pemda Maluku Barat Daya, ASN lingkup Pemda MBD dan para tamu undangan lainya.(S-28)