AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Eki Sairdekut mengingatkan semua lapisan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) untuk lebih menaati protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 yang meningkat tajam belakangan ini.

“Kalau melihat angka terkonfirmasi Covid-19 di KKT, maka salah satu yang harus dilakukan oleh masyarakat hanya menaati semua protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah selama ini,” ujar Sairdekut kepada Siwalima, Senin (14/12).

Penyebaran Covid-19 di KKT sendiri kata Sairdekut telah mencapai angka 365 per hari sejak kemarin, sehingga kondisi yang ada tidak boleh dianggap biasa saja melainkan harus didukung dengan langkah serius oleh masyarakat dalam membantu pemerintah menekan laju peningkatan Covid-19.

Menurutnya, bila masyarakat KKT tidak disiplin dalam menaati protokol kesehatan ketika melakukan aktifitas di luar rumah, maka kasus penyebaran Covid-19 akan sulit untuk ditekan, sebab upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 hanya dapat dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan.

Apalagi, dengan adanya langka Satuan Tugas Covid-19 Maluku yang telah mengirimkan Tim BTKL-PP ke KKT menunjukan kedepan akan ada peningkatan kasus terkonfirmasi yang tingga, karena itu disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menjauhkan diri dari keramaian wajib dijalankan.

Baca Juga: Dinas PK Usulkan 3000 Pegawai PPPK ke Menpan

Sairdekut juga mengingatkan Pemerintah KKT melalui Satgas Covid-19 agar terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakata di KKT sehingga masyarakat terbiasa dengan penggunaan protokol kesehatan.

“Sosialisasi harus gencar dilakukan oleh tim satgas agar masyarakat dapat memahami protokol kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, Pemda KKT juga harus mengambil langkah tegas terhadap masyarakat yang tidak menggunakan protokol kesehatan dengan ketat, agar tidak menambah tingkat keterpaparan Covid-19.

Politisi Gerindra ini optimis dengan adanya kerja sama yang baik antara semua lapisan masyarakat maka angka penyebaran Covid-19 dapat turun dan KKT dapat keluar dari daerah dengan status zona merah penyebaran Covid-19.

Kasus Covid-19 Tinggi

Seperti diberitakan, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar naik tajam. Hingga kini sudah mencapai 365 kasus.

Satgas Covid-19 Maluku telah mengirim tim dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Ambon untuk membantu melakukan swabtest.

“Jadi tim yang kita kirim merupakan tenaga handal dari BTKL-PP sebanyak 4 orang, untuk membantu tenaga medis di sana melakukan swabtest,” kata Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gu­bernur Maluku Sabtu (12/12).

Kasrul mengaku, jumlah kasus terkonfirmasi di KKT cenderung meningkat dalam waktu kedepan.

“Kalau tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian) atau 3T dilakukan betul, jumlah kasus pasti meningkat,” ujarnya.

Dia mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Pemda KKT untuk melakukan langkah-langkah penanganan kepada para pasien. (S-50)