AMBON, Siwalimanews – Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indra Ni Tua, Senin (19/6) kemarin, mengunjungi Negeri Rutong di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat kepada wartawan, di Balai Kota, Selasa (20/6) mengatakan, kunjungan Direktur Tata Kelola Destinasi mewakili

Menparekraf Sandiaga Uno, ini, berkaitan dengan masuknya Negeri Rutong dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun ini.

“ADWI 2023 telah dibuka dari bulan Januari lalu, dan salah satu Negeri di Kota Ambon, yakni Negeri Rutong ikut serta dalam ajang tersebut. Dalam prosesnya, Rutong, telah berhasil masuk dalam 500 besar desa wisata dari 4.573 desa yang mendaftar dan  setelah tahap selanjutnya Rutong berhasil lolos dalam 300 besar desa wisata dan kurasi yang terakhir, masuk dalam 75 besar desa wisata,” ujar Hayat.

Oleh karena itu kta Hayat, maka Direktur bersama dewan Juri ADWI 2023 yang terdiri dari I Made Wena dan Sang Putu Subaya, mengunjungi Rutong untuk proses kelanjutannya,” jelasnya.

Baca Juga: Januari Hingga Juni PN Ambon Tangani 20 Kasus Pemerkosaan

Menurutnya, kunjungan itu, bisa menjadi semangat baru serta memotivasi baru bagi pemerintah negeri dan juga masyarakat, untuk dapat

mengembangkan Rutong sebagai desa wisata berkelas dunia, berkelanjutan, dan berdaya saing.

Ada lima kategori yang menjadi penilaian juri saat kunjungan kemarin, yakni terkait dengan daya tarik pengunjung, homestay dan toilet umum, souvenir, digital dan konten kreatif serta kelembagaan dan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Untuk diketahui, dalam kunjungan kemarin, pihak kementrian didampingi Sekertaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Meikyal Pontoh, Camat Leitisel Agustinus O Pattikawa, Raja Negeri Rutong Reza V Maispaitella dan Ketua Kelompok Sadar Wisata Patmawati. (S-25)